Menjadi karyawan baru di suatu perusahaan memang merupakan langkah awal untuk memulai proses adaptasi. Terkadang ada karyawan yang mudah bergaul, namun juga ada yang cukup sulit melewatinya. Meski begitu, tetap saja fase menjadi seorang karyawan baru merupakan sesuatu yang tak akan dilupakan. Untuk kamu yang penasaran apa saja hal yang sering dirasakan oleh karyawan baru di kantor, berikut daftar lengkapnya.
10 Hal yang sering dirasakan karyawan baru di kantor
1. Karyawan baru rajin datang paling pagi
Tentu dulu seseorang tidak mau kan dicap sebagai karyawan yang jelek pada hari-hari pertama. Oleh sebab itu, karyawan baru di kantor biasanya datang paling pagi. Bahkan, dia masih sempat membuat catatan pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan. Setiap orang ingin memberi kesan yang baik di mata rekan-rekan kerjanya. Apalagi kalau menjadi karyawan baru di kantor. Jadi jangan heran ya jika lihat ada anak baru di kantor yang sering datang pagi di awal kerja.
2. Dress to impress
Kamu pasti telah sering mendengar istilah ini, namun menjaga penampilan memanglah sangatlah penting dalam dunia profesional. Hal ini sering terlihat pada karyawan kantor baru karena selain memperlihatkan keseriusan kamu dalam bekerja juga menghormati sesama karyawan lainnya (lain hal nya jika perusahaan kamu menerapkan aturan berbusana lebih santai seperti memakai jeans dan kaos). Tapi apa pun itu, karyawan baru pasti selalu mematuhi aturan dress code pada beberapa bulan pertama mereka bekerja.
3. Memperkenalkan diri ke teman-teman baru
Hal selanjutnya yang sering dilakukan adalah memperkenalkan diri ke teman-teman baru dan bos-bos baru. Hal ini sangatlah lumrah dilakukan dan sebaiknya kamu lakukan dengan ramah juga ya. Misalnya dengan cara memberitahu asal daerah kamu tinggal, latar belakang pendidikan, pengalaman, atau status kamu saat ini. Jangan khawatir dengan sikap teman-teman baru kamu tersebut karena mereka akan merespons dengan baik sepanjang kamu memperkenalkan diri dengan baik.
Baca juga: Apa Perbedaan Layanan Private Office dengan Capsule Office?
4. Melewati masa orientasi
Banyak perusahaan yang memberikan syarat kepada pegawai baru untuk menjalani masa training atau orientasi selama beberapa bulan. Hal ini harus dilakukan para karyawan baru karena akan ada penilaian seputar kinerja kerja. Pastikan kamu mengikuti masa percobaan ini karena biasanya berkaitan erat dengan kontrak kerja (akan diperpanjang atau langsung diubah untuk diberhentikan). Ikuti prosesnya dan lakukan pekerjaan kamu sebaik mungkin.
5. Meninjau lingkungan kerja
Hal selanjutnya yang pastinya dilakukan semua karyawan baru adalah meninjau lingkungan tempat kamu bekerja. Peninjauan ini biasanya dilakukan untuk melihat bagaimana karyawan lain bekerja, mengidentifikasi tanda-tanda keselematan gedung, melihat bagian luar gedung, mengetahui tempat karyawan lain beristirahat dan makan siang, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan di tempat tersebut. Dengan demikian, kamu akan mendapat gambaran seperti apa suasana kerja yang akan kamu alami ke depannya.
6. Karyawan baru kadang sungkan untuk bertanya
Kegelisahan berikutnya bagi karyawan baru adalah sungkan bertanya. Seseorang pasti punya banyak pertanyaan serta kesulitan di hari pertama bekerja. Satu-satunya jalan keluar dari kesulitan itu tentu saja dengan bertanya pada yang lebih senior. Sayangnya, rasa sungkan lebih sering muncul daripada keberaniaan. Hal ini biasanya didasari rasa sungkan atau enggan mengganggu senior jika terlalu sering bertanya banyak hal tentang pekerjaan. Padahal, belum tentu loh semua senior keberatan kalau harus mengajari karyawan baru.
7. Sibuk dengan urusan pribadi
Hal selanjutnya yang berkaitan dengan poin sebelumnya adalah dirimu menjadi sibuk dengan urusan pribadi. Saking tidak ada waktu untuk mengobrol dengan sesama karyawan membuat kamu malah meluangkan waktu untuk urusan pribadi daripada urusan perusahaan. Padahal kamu bisa gunakan waktu ini untuk mengetahui karakter karyawan lain tempat kamu bekerja loh.
Baca juga: Sewa Kantor di Jakarta: Shared Office atau Private Office?
8. Bingung pada prioritas pekerjaan dalam sehari
Karyawan baru sering juga dibuat bingung dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Semua pekerjaan seolah-olah harus segera diselesaikan karena takut ditegur atasan. Inilah pentingnya memahami prioritas pekerjaan. Tidak semua pekerjaan harus selesai dalam satu hari. Anak baru di kantor memang biasanya kurang paham untuk membedakan mana yang penting, mendesak, dan bisa ditunda. Kalau bingung, ada baiknya atasan ikut membantu mengarahkan agar orang baru tersebut bisa belajar mengelola waktu.
9. Makan siang sendirian sampai ada yang mengajak bergabung
Merasa canggung dengan lingkungan baru memang merupakan hal yang wajar. Biasanya hal yang paling selanjutnya yang akan terasa sebagai karyawan baru adalah makan siang sendirian saat jam makan siang tiba. Karyawan baru akan melakukan hal ini karena tidak enak dengan karyawan lainnya dan mau ikut bergabung jika ada yang mengajak. Tapi dengan melewati fase ini, kamu paham pentingnya artinya sebuah relasi dan komunikasi yang baik di kantor.
10. Canggung untuk pulang duluan
Saat jam kerja usai tentunya para karyawan akan bersiap untuk pulang ke rumah masing-masing. Saat inilah hal tercanggung yang sering dirasakan banyak karyawan baru karena ragu untuk pulang duluan di saat para senior masih tetap menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada. Padahal, jika jam kerja sudah usai, tentu tidak masalah bila kamu dapat duluan untuk pulang ke rumah. Nah, kira-kira hal yang sering dirasakan oleh karyawan baru di kantor?