Sewa Kantor di Jakarta: Shared Office atau Private Office
Sewa kantor di Jakarta yang cocok untuk memulai atau menjalankan sebuah usaha atau bisnis adalah hal yang mutlak. Hal ini dikarenakan setiap ruangan kantor, baik shared office atau private office, menawarkan kesempatan yang berbeda dan manfaat dalam mengembangkan bisnis. Nah, untuk Anda yang sedang berencana menyewa salah satunya, coba perhatikan beberapa hal berikut agar dapat memahami lebih jauh tentang manfaat dan potensi, serta kekurangan dari kedua ruang kantor ini: shared office atau private office.

Sewa kantor di Jakarta. Shared Office di Uptown Serviced Office
Apa itu Shared Office?
Shared office adalah fasilitas ruang kantor bersama yang disewakan oleh manajemen sebuah perusahaan penyedia ruangan kantor; umumnya hal tersebut dinamakan dengan istilah sebagai serviced office, managed offices, executive offices, atau business centers. Berbeda dengan sewa kantor tradisional, shared office yang disediakan serviced office biasanya adalah perkantoran yang lengkap yang sudah disiapkan dan siap untuk digunakan saat Anda akan masuk ke sana.
Fasilitas Shared Office:
- Meja bersama untuk tim Anda dengan perusahaan lain.
- Internet super cepat dan utilitas.
- Managed reception services dan support administrasi.
- Ruang pertemuan atau Meeting room yang dapat dipesan.
- Maintenance dan kebersihan.
- Akses ke event space.
- Communal spaces, seperti dapur, lounges dan ruang rekreasi.
Kebanyakan shared office juga menawarkan program yang dirancang untuk membangun komunitas, termasuk networking dan event sosial.

Sewa kantor di Jakarta. Shared Office di Uptown Serviced Office
Apa itu Private Office?
Private office adalah merupakan ruang kantor tertutup atau pribadi yang telah didesain khusus penyedia ruangan kantor seperti Uptown sebagai ruang kantor setiap pegawainya. Biasanya, perabot yang digunakan dan terdapat dalam setiap ruang kerja ini terbatas karena disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan tersebut. Tata ruang model private office juga sering dipilih oleh perusahaan karena berbagai alasan. Di antaranya yaitu karena alasan status dan gengsi. Seorang atasan, misalnya yang statusnya dianggap tinggi dalam suatu perusahaan tersebut pasti akan meminta bahkan memiliki ruang kerja pribadi. Begitu pula dengan alasan gengsi, prestis. Seseorang yang bekerja di perusahaan pastilah lebih senang jika memiliki fasilitas sendiri. Dengan begitu seseorang bisa lebih percaya diri dan terlihat lebih berwibawa. Selain itu, seseorang biasanya akan lebih nyaman dalam bekerja.
Fasilitas Private Office:
- Ruang kantor untuk kelompok atau perorangan (biasa disebut dengan capsule office).
- Tambahan ruangan khusus untuk atasan.
- Telepon, internet super cepat, dan utilitas.
- Managed reception services dan support administrasi.
- Meeting room.
- Maintenance dan kebersihan.
- Security services.
- Mail services.
- Akses ke event space.
- Peralatan kantor bersama, seperti fax, peralatan audio visual, mesin fotokopi, area pantry dan lainnya.
Jangkauan layanan yang tersedia untuk sewa kantor di Uptown pun selengkap ini. Namun saat Anda ingin menyewa sebuah ruangan, pastikan fasilitas dan pelayanan yang ada sudah diperbandingkan dengan ruang perkantoran di tempat lain.

Sewa kantor di Jakarta. Private office di Uptown Serviced Office
Pro dan Kontra
Keuntungan dari Shared Office
Shared office lebih dicintai startup dan wirausaha karena alasan-alasan berikut: fleksibilitas dalam menggunakan ruangan, memungkinkan pegawai untuk datang dan pergi sesukanya; biaya yang jauh lebih rendah; terakhir, shared office juga dirancang untuk menjadi ruang kantor yang sangat sosial dan kolaboratif.
Kekurangan dari Shared Office
Namun sebelum memutuskan, Anda juga harus tau potensi kekurangan dari shared office, diantaranya: kurangnya privasi dapat menjadi kendala – terutama jika bisnis Anda sangat bergantung pada kerahasiaan klien; persaingan untuk menggunakan fasilitas tambahan bisa menjadi lebih sengit; terakhir, Anda tidak memiliki kontrol atas tata letak ruang pertemuan, dekorasi, dan lainnya.
Keuntungan dari Private Office
Ada banyak manfaat yang bisa didapaatkan dari private office, beberapa diantaranya adalah: lokasi yang diinginkan sering kali berada di dalam area bisnis utama dalam kota; biaya lebih rendah daripada harga sewa kantor konvensional (setidaknya di Jakarta); kenyamanan dan kemudahan set-up; sewa jangka pendek dari sewa kantor konvensional; building maintenance sudah diurus; urusan administrasi akan dibantu oleh penyedia serviced office; lalu terdapat private space yang bisa digunakan untuk bertemu klien atau atasan pemilik perusahaan.
Kekurangan dari Private Office
Terdapat pula beberapa kekurangan untuk jenis private office ini, antara lain: tampilan kantor “generik” yang mungkin saja membuat beberapa pegawai dan petinggi perusahaan bosan; tidak memiliki kendali atas ruang bersama seperti lounge, event space hingga meeting room, biaya bulanan yang lebih tinggi daripada shared office.

Sewa kantor di Jakarta. Private Office di Uptown Serviced Office
Biaya antara Shared Office atau Private Office
Biaya merupakan faktor utama dan yang tidak bisa terlewatkan saat Anda memutuskan untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Apa pun itu, biaya sewa kantor akan sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan kebutuhan Anda.
Biaya Shared Office
Shared office yang disewakan di Jakarta pun bervariasi harganya. Beberapa penyedia serviced office seperti Uptown pun fokus pada penawaran opsi yang lebih ekonomis dan masuk dengan budget para startup atau wirausahawan. Lantas apakah layak secara finansial? Shared office tidak diragukan lagi karena tarif harian hingga bulanan pun bisa saja terjadi. Namun apabila ingin menyewa secara jangka panjang pun, bisa juga Anda lakukan. Semuanya tergantung pada kondisi keuangan Anda.
Biaya dari Private Office
Private office biasanya lebih mahal dari shared office. Hal ini harus dipahami karena pada umumnya Anda diharuskan membayar akses penuh waktu untuk ruang kantor. Umumnya Anda akan dihadapkan pada kontrak jangka waktu yang tetap dan panjang. Umumnya opsi yang ditawarkan adalah 12 bulan atau lebih dan saat itu pula Anda akan “terkunci” pada biaya sewa kantor tersebut.
Lantas bagaimana cara sewa kantor yang tepat di Jakarta?
Jika Anda masih belum yakin tentang perbedaan antara shared office dengan private office diatas, pastikan Anda memiliki pertimbangan lain dalam memilih ruang kantor. Pertanyaaan-pertanyaan tersebut diantaranya:
- Berapa banyak calon pegawai Anda?
- Berapa luas ruang kantor yang Anda butuhkan?
- Seberapa sering Anda membutuhkan ruang kantor?
- Berapa lama Anda membutuhkan ruang kantor tersebut?
- Fasilitas apa saja yang akan Anda butuhkan?
- Berapa banyak Anggaran yang bisa dikeluarkan selama 1 tahun kedepan?
Memutuskan untuk pindah ke sewa kantor di Jakarta atau kota besar lainnya adalah sebuah masalah dan tantangan yang harus Anda putuskan. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan, apa saja yang Anda dan tim Anda butuhkan, bagaimana regulasinya, dan yang paling penting telaah terlebih dahulu opsi ruang kantor yang cocok bagi perusahaan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang harga sewa shared office dengan private office di Uptown, silahkan hubungi tim sales kami melalui nomor telepon di 021-5082 3400 atau hubungi alamat email welcome@uptown.id.

Sewa kantor di Jakarta. Uptown Serviced Office