Badan kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) telah mengeluarkan peringatan resmi perihal virus Corona atau COVID-19 beberapa waktu lalu dan mendeklarasikan nya sebagai pandemik. Angka penyebaran virus Corona yang cepat di berbagai belahan dunia membuat sejumlah negara melakukan tindakan preventif dengan membatasi pergerakan publik di ruang umum, dan menghimbau seluruh warganya untuk tetap di dalam rumah.
Dengan jumlah kasus yang terus meningkat, Indonesia pun melakukan hal preventif yang serupa untuk memutus penyebaran virus ini. Presiden RI Joko Widodo juga menghimbau kepada seluruh warga untuk melakukan aktifitas kerja, belajar, hingga ibadah di rumah. Sejumlah perusahaan di Jakarta pun sudah memulai aktivitas work from home atau bekerja dari rumah. Perubahan pola kerja yang biasanya pergi ke kantor, berpindah menjadi di rumah ini sebenarnya dapat mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. Nah agar kamu tetap produktif dan kreatif di tengah pandemik, simak tips work from home yang efektif dari kami dibawah ini.
10 Tips work from home ala Uptown
1. Ikuti prosedur WFH dari kantormu
Work from home bukan berarti bebas aturan. Setiap kantor memiliki kebijakan tersendiri mengenai kegiatan kerja dari rumah yang penting bagi kamu untuk ikuti. Prosedur dibuat agar kita semua dapat tetap bekerja secara maksimal walau dalam kondisi yang tidak ideal. Contoh yang paling sederhana adalah setiap karyawan tetap melaporkan pekerjaannya setiap pukul 10 pagi. Lalu ada juga yang presentasi (in dan out) menggunakan aplikasi bantuan seperti zoom, microsoft team, dan sebagainya.
2. Awali hari sesuai dengan jam kerjamu di kantor
Walaupun di rumah, penting untuk kamu mengikuti jam produktif yang biasanya kamu lakukan di kantor. Semakin lama kamu memanjakan diri dengan mengulur – ulur waktu, akan semakin sulit dan malas juga nantinya untuk memulai dan menyelesaikan pekerjaan.
3. Buat ruang kerjamu sendiri
Banyak cara untuk menstimulasi diri agar tetap produktif dan kreatif, salah satunya adalah dengan membuat ruang kerjamu di rumah. Tidak perlu sulit, kamu bisa awali dengan memilih sudut ruangan rumah atau kamar yang nyaman bagimu, letakkan bangku, dan meja, atau karpet dan bantalan punggung. Bisa juga kamu percantik dengan hiasan yang dapat membuat mood bagus, atau mungkin pengeras suara yang biasa menemanimu bekerja.
Baca juga: 10 Ide Usaha Sampingan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Kala Corona
4. Gunakan pakaian kerja
Walaupun kamu bekerja dari rumah, cobalah sebelum jam kerja dimulai dengan kamu mandi yang bersih kemudian menggunakan baju kerja seperti biasa. Mungkin agak terlihat aneh dirumah menggunakan baju kerja. Namun nyatanya tindakan ini akan berpengaruh pada produktivitas hasil pekerjaan kamu. Cobalah praktekkan cara ini, pasti akan terlihat perbedannya.
5. Buat “to-do list”
Sama seperti akhir pekan di rumah, bekerja di rumah dapat membuat waktu terasa cepat berlalu. Selalu membuat daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada hari itu, hal ini sebagai pengingat untuk dirimu, agar semua pekerjaan selalu on track!
6. Tak berjumpa, bukan berarti tak bersua
Dengan terbatasnya aktivitas tatap muka, komunikasi secara online harus lebih efektif. Kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal rapat online secara rutin, misalnya rapat tim di pagi hari sebelum semuanya melakukan tugas masing-masing, dan sore hari untuk update pekerjaan. Dengan begitu, kamu selalu terhubung dengan rekan kantor dan saling mengabari mengenai perkembangan pekerjaan.
Baca juga: Bekerja Dari Rumah? Apa Saja Yang Perlu Disiapkan?
7. Gunakan tools produktivitas kerja
Karena kerja dilakukan secara online, Akamu perlu mempertahankan produktivitas kerja jangan sampai menurun. Work from home bukan menjadi alasan, solusi yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan tools pekerjaan kantor secara online seperti Google Suite. Kabar baiknya aplikasi bantuan tersebut sangatlah terjangkau, yakni mulai dari Rp 95 ribu per bulan. Dengan harga segitu, kamu bisa mendapatkan fitur Gmail bisnis, hangout, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, News, Play, Sites, Vault, dan masih banyak lagi.
8. Gak buffer, gak baper
Sama seperti hubungan, komunikasi adalah kunci. Maka koneksi internet yang baik adalah kunci sukses work from home. Karena semua pekerjaan dilakukan secara online maka hal ini harus benar-benar diperhatikan betul loh. Jika kamu sudah berlangganan internet kabel tidak perlu khawatir, tetapi untuk kamu yang menggunakan jaringan selular pastikan koneksinya selalu lancar ya.
9. Tetap disiplin
Jangan lengah, walaupun kamu di rumah, kamu harus tetap mengikuti time table yang biasa kamu lakukan saat bekerja di kantor. Hal ini akan membantumu dalam menyelesaikan kewajiban harianmu.
10. Istirahat dan Olahraga
Walaupun work from home, istirahat tetap penting lho! Kadang kita lupa menyisihkan waktu makan siang dan istirahat di sela-sela bekerja di rumah, hal ini bisa terjadi karena kita merasa di suasana yang nyaman, yaitu rumah, sehingga merasa tidak lelah. Matikan laptopmu saat makan siang, luangkan waktu untuk sedikit peregangan tubuh di sela – sela bekerja. Selain itu, pastikan kamu juga selalu berolaraga di masa seperti ini. Bisa dengan melakukan yoga selama 30 menit, angkat beban, atau olahraga ringan lainnya.