Mengetahui arti warna pada makna logo perusahaan adalah penting karena sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh positif terhadap psikologi, emosinal, serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada ilmu komunikasi visual yang menggunakan warna untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Tetapi ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap produk perusahaan.
Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan. Kali ini, kita akan membahas tentang psikologi arti makna warna logo di dalam sebuah desain akan tetapi tidak berarti efeknya akan berbeda dengan print atau media yang lain, teori dasarnya akan tetap sama. Berikut adalah 13 arti warna logo perusahaan dan pengaruh emosionalnya.
13 Arti warna logo perusahaan dan pengaruh emosionalnya
1. Logo Warna Merah
Merah adalah tanda universal untuk kegembiraan, gairah, dan kemarahan. Warna inii menarik perhatian dan membuat kamu menonjol dari keramaian. Jika merek kamu keras, menyenangkan, muda, atau modern maka pikirkan merah untuk menjadi warna logo kamu. Jika merek lebih dewasa, klasik, atau serius, Merah mungkin tidak cocok untuk kamu.
Merah adalah warna pertama yang dapat dilihat bayi (selain hitam dan putih). Para ilmuwan berteori bahwa manusia mengembangkan kemampuan untuk melihat merah lebih baik daripada warna lain, karena memungkinkan kita untuk lebih mudah mengidentifikasi buah-buahan yang tumbuh di pohon.
Merah juga telah terbukti merangsang nafsu makan (itulah sebabnya kamu melihatnya di banyak logo makanan dan restoran). Baik digunakan sendiri atau sebagai warna aksen, merah adalah pilihan yang kuat untuk warna logo.
2. Logo Warna Orange
Orange adalah warna yang menyegarkan dan menyenangkan. Warna orange digunakan untuk menonjol dari keramaian. Warna orange lebih jarang digunakan jika dibandingkan dengan warna merah, tetapi masih memberikan sentuhan yang energik.
Berhati-hatilah saat menggunakan warna orange, jika merek kamu mencoba untuk tampil mewah atau serius, karena oranye tidak memunculkan ciri-ciri tersebut kepada konsumen.
Orange diasosiasikan dengan perubahan (pikirkan dedaunan musim gugur atau langit jingga saat matahari terbit/terbenam) dan sering digunakan oleh merek yang suka menganggap diri mereka sedikit berbeda.
3. Logo Warna Kuning
Logo kuning mencerminkan keramahan yang mudah diakses dan cerah. Kuning memancarkan keceriaan, dan merek kamu akan memancarkan energi muda yang terjangkau. Jika ingin bisnis kamu terlihat sebagai merek dewasa atau mewah, sebaiknya jangan menggunakan warna ini. Kuning adalah warna utama dalam sistem warna subtraktif dan merupakan salah satu warna cat pertama yang dapat dicampurkan oleh manusia. Kuning memiliki banyak asosiasi budaya (emas, ladang gandum dan jagung, sinar matahari, dll), dan merupakan salah satu warna yang sangat beragam.
Baca juga: Beberapa Desain Interior Kantor Ini Bisa Kamu Tiru Untuk Kantormu
4. Logo Warna Hijau
Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara kamu dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang.
Para peneliti juga menemukan makna warna terselubung dalam spekturm cahaya hijau yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan makna pemahamannya. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Arti warna logo yang memakai warna hijau adalah brand atau perusahaan yang tenang karena biasanya warna ini dikaitkan dengan lingkungan dan alam.
Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
5. Logo Warna Biru
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit.
Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain grafis, arti warna logo biru sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya.
Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
6. Logo Ungu
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga membantu tidur kamu. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus.
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja.
7. Logo Warna Pink (Merah Muda)
Dalam masyarakat Barat modern, merah muda adalh salah satu warna yang paling serbaguna. Dari soft millenial pink hingga neon magenta, pink dapat memberikan kesan merek yang modern, muda, dan mewah.Pink adalah warna yang tidak biasa.
Semua 6 warna yang tercantum di atas adalah warna primer atau sekunder dalam sistem warna subtraktif. Secara teori, pink hanya merah muda. Tetapi anehnya tidak ada kata khusus untuk biru muda atau kuning muda. Ini juga merupakan kata warna yang relatif modern, memasuki kata bahasa Inggris pada abad ke-17 ketika mewakili kemewahan. Jadi dalam sejarah panjang warna, pink masih sangat muda dan trendi.
8. Logo Warna Coklat
Menjadi warna tanah dan kulit pohon, coklat adalah lambang warna tanah. Warna ini kurang semarak dibandingkan warna lain, cenderung terlihat kasar dan serius. Coklat juga merupakan warna logo yang paling jarang digunakan, jadi jika kamu memilihnya, kamu pasti akan menonjol di antara para pesaing. Coklat mungkin tidak terlalu sering digunakan karena manusia telah mengasosiasikannya dengan pembusukan dan penuaan. Namun, karena warna ini masih berkaitan dengan alam masih ada beberapa yang menggunakannya
Coklat memberi kesan merek yang tenang dan bersahaja dan sangat bagus untuk perusahaan yang banyak bergerak di luar ruangan atau mereka yang menjual produk coklat alami. Warna ini juga mewakili penuaan (dalam bentuk halaman buku yang pudar), sehingga sering digunakan logo yang menginginkan nuansa vintage dan buatan tangan.
9. Logo Warna Hitam
Hitam adalah warna untuk merek yang ingin tampil apik, modern dan mewah. Sebaliknya jika merek kamu ingin terlihat hemat dan terjangkau, jauhi warna hitam. Hitam bukanlah warna yang sama seperti orange dan ungu. Manusia melihat warna-warna itu karena kedua warna tersebut adalah representasi panjang gelombang cahaya tertentu yang dapat kita identifikasi dan bedakan. Hitam, di sisi lain, adalah ketiadaan cahaya. namun kesederhanaannya hampir menggelegar, memberikan logo serba hitam perasaan misteri dan eksklusivitas yang dapat dikapitalisasi oleh merek-merek mewah.
Baca juga: Desain Ruang Meeting di Jakarta Yang Cocok Untuk Perusahaan
10. Logo Warna Abu-Abu
Tidak terlalu gelap, tidak terlalu terang. Abu-abu adalah jalan tengah bagi merek yang ingin terlihat dewasa, klasik dan serius. Kesan gelap untuk menambah misteri, dan terang agar lebih mudah diakses. Dan warna abu-abu dapat memadukan kesan keduanya. Seperti halnya hitam, ada kesederhanaan yang mencolok pada abu-abu. Karena lebih lembut, namun ada kesan yang lebih tenang dan serius, memberikan kesan logo abu-abu nuansa klasik.
11. Logo Warna Putih
Putih adalah ketiadaan warna. Dengan sendirinya, ia cenderung tampil bersih dan tidak berbobot, seperti esensi cahaya itu sendiri. Ini berguna untuk merek yang ingin tampil hati-hati dan metodis, bersih dalam penyampaiannya. Warna ini juga bisa menjadi aspirasional, mewakili semacam kemurnian yang tidak dapat dicapai.
Sebagian besar logo akan memiliki versi putih, ini pasti akan dipasangkan dengan warna lain (sebagai latar belakang) dan warna itu akan mendominasi. Saat digunakan sebagai aksen atau ditambahkan ke warna lain untuk membuatnya lebih terang, putih terlihat awet muda dan ekonomis. Warna ini bisa diterapkan untuk hampir semua merek.
12. Logo Warna Indigo
Warna-warna nila atau indigo ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan memperkuat sistem getah bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta membersihkan tubuh. Arti warna logo berdasarkan warna indigo ini masih sangat jarang diterapkan dalam aplikasi sehari-hari kecuali oleh beberapa perusahaan marketing kelas atas karena kekhawatiran akan beban warna ini pada brand mereka.
13. Logo Warna-Warni
Bagaimana dengan mencampurkan beberapa warna pada satu logo, seperti Google, the Olympics dan NBC? Warna yang berbeda secara garis besar mengindikasikan variasi dan menjadi representatif dari berbagai macam orang yang berasal dari berbagai negara atau latar belakang. Selain itu, logo dengan kombinasi warna yang banyak atau multi-color memiliki arti keceriaan, fleksible dan dinamis. Logo seperti Google dan Playstasion adalah contoh concret dalam pengaplikasian teknik ini. Kesan kebahagiaan dan keceriaan terpancar kuat dari lugo mereka.
Bagaimana cara memilih warna logo yang tepat untuk perusahaan?
Sebelum memilih skema warna logo yang kamu ingin aplikasikan, pikirkan tentang pesan yang paling ingin disampaikan oleh perusahaan kamu. Filosofi apa yang ingin kamu soroti? Apa itu kecepatan, inovasi yang berani, efisiensi, kasih sayang, atau intuisi? Ciri-ciri kepribadian merek yang menarik bagi target pelanggan kamu merupakan salah satu pertimbangan penting saat memilih warna logo. Hal ini dikarenakan konsumen secara sadar atau tidak sadar nantinya akan memilih produk yang sesuai dengan identitas pribadi mereka.
Warna membantu konsumen untuk meng-kategorikan produk dan layanan, mengidentifikasi mana yang cocok untuk mereka, dan pada akhirnya akan membuat keputusan pembelian pada produk serupa. Setelah kamu tahu apa yang ingin kamu wakili dari identitas merek kamu, lihat daftar warna di atas dan identifikasi mana yang dapat membantu kamu menyampaikan pesan yang tepat.
Hello. fantastic job. I did not picture this. This can be a remarkable story. Thanks!