Tahukah kamu dalam menjalankan bisnis online shop ternyata terdapat beberapa cara ampuh dalam meningkatkan penjualan? Buat kamu yang memiliki bisnis dengan skala yang kecil pasti ingin tau dong cara meningkatkan penjualan produk, bukan begitu? Apalagi saat ini persaingan bisnis yang ketat membuat berbagai tujuan tersebut tidak selamanya bisa dipenuhi dengan cepat dan mudah. Namun daripada menjadi seorang yang pesimis, meningkatkan penjualan secara online sebenarnya tidak sesulit dengan apa yang kamu bayangkan. Poin paling penting dari target ini adalah mencoba berbagai strategi ataupun cara yang sudah kami rangkum di bawah ini. Nah buat kamu yang penasaran dan ingin bisnis online shop nya terus berkembang, dibawah ini akan kami bagikan 10 cara meningkatkan penjualan bagi online shop yang baru merintis. Berikut ini adalah berbagai caranya.
10 Cara meningkatkan penjualan bagi online shop yang baru merintis
1. Memanfaatkan media sosial
Media sosial tidak bisa diremehkan dalam hal meningkatkan penjualan secara online. Pasalnya, banyak di luar sana bisnis yang melejit hingga pendapatannya berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan, memulai usaha dari media sosial. Kini media sosial merupakan salah satu platform yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi media sosial besar seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Hal inilah yang bisa menjadi potensi penjualan online bisa membludak, karena jutaan pengunjung berpotensi melihat bisnis kamu. Apalagi kini banyak media sosial kini sudah banyak yang menawarkan fitur khusus untuk bisnis. Jadi, potensi meningkatnya penjualan online jauh lebih tinggi.
2. Manfaatkan email marketing
Salah satu kunci kesuksesan bisnis online adalah penjualan berulang. Cara terbaik untuk meningkatkan penjualan berulang adalah dengan memanfaatkan email marketing. Berdasarkan data terbaru, email marketing memiliki ROI sebanyak 3,800%. Sebanyak 70% orang menggunakan kupon atau diskon yang mereka dapatkan dari email mereka. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menginvestasikan sejumlah biaya untuk strategi marketing yang satu ini. Adapun email marketing yang paling ampuh adalah yang berisi pesan yang dipersonalisasi. Jangan kirim campaign yang sama ke mailing list kamu. Pelanggan atau calon prospek kamu memiliki preferensi yang berbeda, maka dari itu kamu harus memperlakukan mereka secara berbeda.
3. Optimalkan retargeting
Selain melalui email marketing, penargetan ulang (retargeting) bisa dilakukan melalui iklan di mesin pencarian dan media sosial. Kumpulkan data traffic kamu, termasuk orang-orang yang memberi komentar atau like di iklan Facebook, atau mereka yang mengklik iklan kamu di Google, dan mereka yang mengunjungi halaman-halaman tertentu di situs web kamu. Targetkan mereka kembali untuk iklan-iklan kamu yang selanjutnya.
Baca juga: 15 Manfaat Virtual Office untuk Para Pebisnis dengan Modal Minim
4. Pamerkan testimoni pelanggan
Saat sudah ada beberapa testimonial pelanggan di beberapa online shop, jangan lupa untuk menampilkannya. Langkah ini sebenarnya tidak dilakukan oleh semua pebisnis online shop, padahal tidak ada salahnya untuk dilakukan. Dengan menampilkan testimonial pelanggan, maka kamu nantinya akan lebih mudah dalam meyakinkan calon konsumen. Nantinya, mereka akan lebih percaya untuk membeli produk ataupun layanan jasa pada bisnis kamu.
5. Sediakan produk di berbagai platform
Dewasa ini, sudah terdapat beragam platform untuk berjualan online, seperti marketplace, e-commerce, dan platform media sosial yang harus kamu manfaatkan dengan baik. Bila kamu berniat untuk membuat online shop atau website sendiri, maka hal tersebut juga sangat bagus demi meningkatkan rasa percaya dari para konsumen pada kamu. Dengan menyediakan beragam produk di berbagai platform, maka nantinya konsumen pun akan lebih mudah dalam mendapatkan produk kamu. Saat ini, harus kita akui bersama bahwa sudah banyak sekali konsumen yang mempunyai preferensi pribadi tentang platform online shop nya masing-masing.
6. Buatlah iklan yang jujur
Jika ingin meningkatkan penjualan online, tentu saja kamu perlu membuat iklan. Namun, jangan sampai kamu membuat iklan yang tidak jujur, ya! Karena hal tersebut sama saja kamu membohongi pelanggan. Jika terus dilakukan, kamu tidak akan dipercaya lagi oleh pelanggan. Iklan yang jujur juga akan berpengaruh pada peningkatan penjualan. Karena ketika pelanggan melihat iklan tersebut, kemudian mulai membeli produk kamu dan produk sesuai dengan iklan, maka kemungkinan besar mereka akan repeat order.
7. Aktif menjalin interaksi dengan konsumen
Sebagai seorang pebisnis, kamu harus membuka diri dengan baik kepada konsumen. Pastikanlah untuk tetap aktif menjalin interaksi dengan konsumen kamu di berbagai platform, terutama media sosial. Saat ada konsumen yang mengajukan pertanyaan, kamu harus bisa langsung menjawab pertanyaan tersebut. Jangan biarkan mereka terlalu lama menunggu atau tidak dijawab sama sekali. Semakin lama kamu membalas jawaban mereka, maka niat konsumen untuk membeli produk dari bisnis kamu pun akan menghilang. Selanjutnya, jalinlah interaksi dengan konsumen dan buat mereka menjadi lebih nyaman. Akan ada kesan yang saling menghargai di sana. Konsumen akan menjadi lebih nyaman dalam membeli produk kamu. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk bersikap lebih terbuka dan ramah pada setiap konsumen. Terutama bila kamu ingi menargetkan penjualan pada angka tertentu.
Baca juga: Strategi Memulai Bisnis Yang Legal Melalui Virtual Office
8. Ciptakan FOMO (Fear of Missing Out)
Metode lain yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penjualan online shop kamu adalah dengan menciptakan urgensi. FOMO dinilai mampu mengajak orang-orang untuk melakukan pembelian dengan segera. Buatlah penawaran spesial yang berjangka pendek atau hanya berlaku di waktu-waktu tertentu, sehingga orang-orang yang melihatnya akan takut untuk ketinggalan. Kamu bisa membuat pesan FOMO ini melalui iklan retargeting kamu atau email marketing campaign kamu.
9. Sediakan berbagai opsi pembayaran
Saat ini, terdapat banyak pilihan pembayaran yang harus kamu manfaatkan dengan baik. Kamu bisa menawarkan berbagai pilihan pembayaran dari berbagai bank, kartu kredit, atau mobile payment yang saat ini sudah banyak tersedia. Menawarkan beragam pilihan pembayaran akan meningkatkan kenyamanan konsumen dalam membayar produk ataupun layanan jasa kamu. Selain itu, nantinya konsumen juga akan lebih mudah dalam menentukan pembayarannya. Sehingga, online shop kamu akan dinilai sebagai online shop yang mampu memenuhi kebutuhan setiap konsumen.
10. Manfaatkan influencer berpengaruh
Pasti kamu yang aktif di media sosial tahu tentang istilah endorse atau kolaborasi dengan influencer atau KOL. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan loh. Namun, harga yang perlu kamu keluarkan untuk menggunakan cara ini cukup banyak jika kamu ingin menghasilkan pendapatan yang dahsyat. Jika berminat, kamu bisa menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan keungan bisnis dan juga target customer. Karena influencer yang sesuai dengan bisnis kamu, pasti memiliki pengikut yang sama dengan target pasar kamu. Jadi persiapkan dengan matang ya tips yang satu ini.