Mempromosikan sebuah produk atau jasa merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan setiap pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan tanda adanya promosi, usaha yang dijalankan pasti akan sulit dikenal oleh konsumen. Bukan hanya itu, promosi usaha pun sangat berguna sebagai sarana mengenal konsumen sehingga dampak yang diperoleh bisa menjadi lebih panjang. Adapun pada saat masa pandemi seperti sekarang, pemilik usaha kecil menengan sampai yang besar harus pintar-pintar memilih cara promosi apa yang memang sesuai dengan citra dan target perusahaan mendapat hasil optimal. Nah untuk kamu yang masih bingung, berikut kami hadirkan 12 cara melakukan promosi produk yang tepat di masa pandemi.
12 Cara melakukan promosi produk yang tepat di masa pandemi
1. Memberikan diskon
Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen ketika melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, promo potongan harga selalu ditunggu. Di dalam negeri, terdapat sejumlah event yang khusus menghadirkan promo potongan harga untuk pembelian produk. Salah satu yang terkenal adalah promo Ramadhan. Di Indonesia, momen promo ini biasanya diselenggarakan secara massal pada bulan Puasa. Jika kamu memiliki toko online sendiri, tentu kamu bisa menyelenggarakan promo potongan harga atau diskon ini kapan saja. Dan tentunya, potongan harga bisa digunakan untuk hampir semua jenis bisnis online.
2. Menawarkan cashback
Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu. Walaupun ada syarat yang diberlakukan, cashback tetap merupakan promo yang menarik bagi konsumen. Kamu bisa mengunjungi beberapa marketplace besar dan akan menjumpai cashback di berbagai event promo mereka. Perlu diingat bahwa cashback bukan hanya milik marketplace saja. Pemilik toko online pun bisa menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang, mulai produk elektronik hingga fashion.
3. Menggunakan media sosial
Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk menjembatani kedua promosi diatas karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari. Unggahan kamu tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional. Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karna pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya. Selain itu, promosi di media sosial tidak hanya tentang menjual, tetapi juga dapat membantu branding dan membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan di media sosial.
4. Membuat vlog
Di era digital seperti saat ini, visual atau gambar berbicara seperti Vlog ternyata memiliki masa yang sangat besar. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya penikmat medium ini beberapa media sosial. Oleh karena itu, membuat iklan produk dalam tampilan visual adalah strategi baru yang perlu kamu siapkan dalam media promosi bisnis. Video juga dapat menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen ataupun berupa tutorial yang secara tidak langsung tetap terkait dengan penawaran produk. Dengan begitu, konsumen dapat melihat produk secara lebih detail dari berbagai sisi.
Baca juga: Sewa Kantor di Mega Kuningan bersama Uptown Serviced Office
5. Memanfaatkan momentum
Manfaatkan momen-momen seperti perayaan hari raya Idul Fitri, pengumpulan amal, dan lain sebagainya juga merupakan salah satu bentuk promosi yang bisa dilakukan. Untuk memulainya, kamu bisa membentuk konsep produk kamu sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Pada hari-hari besar seperti ini, orang-orang biasanya mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan. Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika kamu memberikan harga yang lebih miring.
6. Menjadi sponsor
Saat ini banyak sekali acara-acara yang diadakan oleh berbagai pihak baik secara digital melalui media sosial. Biasanya, penyelenggara membutuhkan sponsor untuk mendukung acara tersebut. Nah kamu dapat memanfaatkan acara ini sebagai wadah promosi dengan berpartisipasi menjadi sponsor. Dengan menjadi sponsor, kamu dapat membuat brand kamu lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut. Keuntungan lainnya adalah pembawa acara biasanya akan membacakan nama-nama sponsor bahkan hingga berulang kali.
7. Membuka kesempatan menjadi reseller dan dropshipper
Para reseller dan dropshipper dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh dalam mempromosikan usaha kamu. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat produk atau jasa kamu terjual lebih cepat. Dengan adanya reseller dan dropshipper, kamu pun dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Namun untuk reseller dan dropshipper akan ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.
8. Membuat giveaway
Hampir semua orang menyukai hadiah. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan hadiah sebagai sarana untuk menarik konsumen. Agar lebih efektif untuk promosi, sebaiknya tidak memberikan hadiah secara cuma-cuma. Kamu bisa memberikannya melalui sebuah program atau kontes, seperti membuat followers kamu menjawab pertanyaan, mengikuti kontes, mempromosikan ulang usaha kamu, membagikan posting-an kamu di media sosial dan lain sebagainya. Cara ini tidak hanya menarik konsumen tetapi dapat juga menaikkan engagement usaha kamu.
Baca juga: 11 Cara Promosi ala Generasi Millennial, Biar Produk Makin Dikenal
9. Memanfaatkan iklan mobil
Saat ini semua media dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi atau marketing. Salah satu media yang bisa digunakan adalah iklan Mobil atau Car Advertising. Dengan memanfaatkan media ini, kamu dapat memasarkan produk yang kamu jual secara lebih luas dan konvensional. Iklan mobil ini cocok digunakan ketika target pembeli kamu adalah masyarakat Jakarta atau yang sedang bekerja di Jakarta. Tapi perlu diperhatikan ya, jenis produk yang kamu tawarkan pada saat memanfaatkan iklan mobil ini.
10. Memanfaatkan konsumen yang sudah ada
Jika saat ini kamu sudah memiliki beberapa kostumer yang loyal, kamu bisa membuat mereka mempromosikan produk kamu. Minta mereka untuk memberikan review yang positif tentang bagaimana pengalaman mereka dalam memakai produk kamu. Minta mereka untuk menuliskannya di media sosial ataupun blog serta situs yang kamu kelola. Testimoni dari mereka bisa menjadi acuan bagi calon pembeli baru yang mungkin ingin tahu lebih lanjut mengenai produk kamu sebelum kembali setelah pandemi ini berakhir.
11.Memberikan pengetahuan
Saat ini banyak sekali akun-akun media sosial sebuah brand yang justru lebih banyak berbagi pegetahuan dan menjadi wadah sharing mengenai berbagai masalah dibanding melakukan promo. Kamu mungkin merasa ini buang-buang waktu, namun ternyata ini menjadi sebuah cara yang efektif. Dengan berbagi kepada mereka akan merasa lebih dekat dengan brand kamu dan itu berlangsung jangka panjang. Kedekatan ini yang membuat apapun bahasa promo kamu akan lebih mudah diterima.
12. Strategi Word of Mouth
Promosi paling efektif dan bisa dilakukan saat ini yang dapat dilakukan adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi berlebih kepada konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada orang lain lagi. Dengan begitu, informasi mengenai usaha kamu akan tersebar di pasaran dan lingkungan sekitar kamu. Selamat mencoba ya!