Bagi seorang karyawan, ruangan kerja dikantor menjadi rumah kedua untuk melakukan pekerjaan. Karena itu, untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal kamu sebagai karyawan akan rela menata ruangan kerja dengan senyaman mungkin. Mulai dari memperhatikan kebersihan, tata ruangan kantor, dan hal lainnya yang dapat membuat kita nyaman ketika bekerja. Tetapi cara menata ruang kerja ini memang bukan hal yang mudah. Perlu dilakukan oleh yang ahli dekorasi ataupun melihat referensi dari media yang ada. Nah, jika kamu sedang berencana untuk menata ruangan kantor berikut akan dibahas mengenai 11 cara membuat ruangan kantor nyaman. Seperti apakah ulasannya? Cari tau dibawah ini!
10 cara membuat ruangan kantor nyaman
1. Memasang wallpaper di ruang kerja
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah merubah tampilan dinding. Jika kamu ingin ruang kerja tampil berbeda maka kamu bisa menambahkan wallpaper yang menarik dan bergambar namun masih dalam batas yang wajar. Dengan adanya tampilan yang berbeda pada dinding ruang kerja biasanya akan membuat fresh dan semangat dalam berkerja. Cara menata ruang kerja dengan memasang wallpaper ini sudah banyak dilakukan di beberapa tempat kerja. Dengan begitu ruangan kerja tak terlihat kaku serta “menakutkan”.
2. Gunakan meja kerja yang tidak terlalu rendah
Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli meja kerja adalah tingginya. Usahakan untuk tidak membeli meja kerja yang terlalu rendah dan membuat kamu kesulitan saat duduk dan mengerjakan pekerjaan. Usahakan untuk memilih meja yang paling tidak berukuran sepinggang atau di atasnya. Namun, hal ini tentunya juga harus disesuaikan dengan bangku yang akan kamu gunakan.
3. Tempatkan posisi per divisi
Biasanya, tren ruang kerja sekarang seperti co-working space dengan meja tanpa kubikal di dalam sebuah ruangan besar yang terbuka. Nah, meskipun begitu pastikan kamu mengatur posisi berbagai divisi berdekatan satu sama lain. Biasanya, terkadang pengaturan ini suka disepelekan. Namun, atas nama efektivitas dan juga kemaksimalan kerja sama tim, pastikan kamu mengatur posisi per divisi dengan maksimal.
4. Sediakan papan tulis
Tidak hanya di ruang meeting, sebaiknya sediakanlah papan tulis di ruangan kerja yang bisa digunakan para rekan kerja untuk mencatat hal-hal penting yang perlu diketahui oleh tim satu ruangan. Dengan begitu, tidak akan ada kata terlupa atau terlambat bagi karyawan kamu untuk melakukan berbagai hal atau kampanye penting yang harus dilakukan. Jika tim kamu sudah cukup besar, tak ada salahnya untuk membuatkan papan tulis per divisi untuk mencatat berbagai hal penting yang harus setiap saat dan selalu dilihat oleh timnya.
Baca juga: Desain Ruang Kantor Minimalis. Apa Saja yang Perlu Dipikirkan?
5. Siapkan cermin besar
Siapa yang tidak senang berada di ruangan dengan orang-orang rapih? Coba fasilitasi cermin besar di pintu masuk atau ruang kantor per divisi agar setiap anggota tim dapat merapikan dan memaksimalkan penampilannya. Jika pekerjaan sedang banyak dan orang-orang terlihat lesu dan juga berantakan, pasti dapat mengurangi semangat kerja kamu dan yang lainnya, bukan?
6. Gunakan kaca-kaca besar pada setiap ruangan
Siapa sih yang tidak suka berada di dalam ruangan indoor ber-AC namun masih bisa melihat pemandangan di luar sana, terutama saat matahari terbenam? Jika ruang kantor kamu terletak di lantai belasan atau bahkan puluhan, hal ini pasti menjadi nilai plus karena kamu mendapatkan pemandangan dan spot terbaik. Nah untuk memaksimalkan hal tersebut cobalah untuk menghiasinya dengan kaca yang besar. Selain membantu pencahayaan dengan maksimal dan bisa mengurangi biaya untuk penerangan, kaca besar ini juga bisa membuat kamu bekerja lebih rileks dan juga nyaman saat bekerja.
7. Tambahkan foto keluarga di meja kerja
Agar bekerja menjadi lebih semangat, cobalah untuk menambahkan foto keluarga di meja kerja. Aturlah sedemikian rupa sehingga foto tersebut berada di posisi yang selalu kamu lihat namun tidak mengganggu pekerjaan kamu. Jika ruang kantor kamu adalah sebuah kubikel, pasanglah foto keluarga dan berbagai foto yang membuat kamu semangat di sekeliling dindingnya. Tambahkan aksesoris seperti lukisan, kartu pos, atau apa pun yang berwarna cerah sehingga ruang kantor terlihat memberikan energi positif dan semangat.
8. Dekorasi tanaman hias
Jika kamu bekerja di sebuah ruangan yang tertutup, sebaiknya tambahkan tanaman hidup di sekitaran ruang kantor agar tidak jenuh. Cara yang satu ini memang unik namun bisa dilakukan dengan mudah. Untuk jenis tanaman yang kami rekomendasikan diantaranya bambu cina, katus, atau sukulen dengan ukuran yang minimalis. Untuk menyimpannya bisa dilakukan di atas meja kantor atau disekitaran ruangan kerja yang masih kosong.
Baca juga: 12 Cara Memilih Sewa Ruang Kantor Murah di Jakarta Selatan
9. Buang barang bekas yang tidak terpakai
Cara selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan, membuang, atau mendaur ulang barang bekas yang ada di ruangan ataupun yang tersimpan di meja kerja kamu. Layaknya sebuah rumah pastinya ada barang-barang bekas yang tak tega untuk membuangnya karena itu kamu harus mengambi; sikap untuk mengeluarkannya dari ruangan. Jika di sekitaran kamu ada banyak file yang berserakan maka kamu perlu memisahkan dan menyimpannya dalam sebuah map organizer atau menyimpannya dalam kardus.
10. Maksimalkan fungsi storage
Seiring waktu berjalan, ruangan kantor dari usaha barumu akan mulai dipenuhi dengan tumpukan dokumen, kertas. dan arsip yang sangat mengganggu. Selain harus menumbuhkan etos kerja yang rapi, kamu juga harus mulai mengoptimalkan fungsi storage secara tepat. Jika kamu memprediksi pertumbuhan dokumen yang pesat di ruangan kantor barumu, coba untuk mencari alternatif seperti menyediakan ruangan arsip dengan sekat ruangan khusus dibandingkan dengan membeli lemari arsip secara terpisah. Prinsipnya, fokus pada tata cara dokumentasi dan sistem arsip sejak dini agar ruangan kantor terasa nyaman.
11. Sediakan satu ruangan istirahat
Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan kantor nyaman adalah menyediakan satu ruangan beristirahat atau bisa dibilang sebagai ruang bermain untuk para karyawan. Hal ini perlu dilakukan agar para karyawan bisa menyegarkan pikiran atau sekedar melipir dari kerumunan untuk mencari inspirasi, berpikir, atau mengatur strategi mengenai hal atau projek yang sedang dihadapinya. Selain itu, tak ada salahnya juga untuk menyediakan beberapa buku-buku motivasi atau inspiratif yang berhubungan dengan bidang perusahaan kamu. Dengan begitu, setiap karyawan pasti lebih bisa mengatur waktu dan mengendalikan ritme kerjanya.