Sewa ruang kantor murah di Jakarta Selatan
DKI Jakarta ternyata masih menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dicari oleh para pebisnis dalam hal sewa ruang kantor. Sayangnya, meski sudah banyak gedung perkantoran di lokasi bisnis yang strategis, seperti Jakarta Selatan dan Jakarta pusat, namun harga sewa ruang kantor yang ditawarkan masih cukup tinggi dibandingkan daerah-daerah lainnya. Nah untuk kamu yang masih mengelola perusahaan startup atau rintisan, mencari sewa ruang kantor yang murah di Jakarta tentunya tidak mudah kan? Maka dari itu, kamu harus cermat dan punya siasat dalam memilihnya. Untuk membantu kamu, kami siapkan ni 12 cara memilih ruang kantor yang mudah diterapkan dan sesuai dengan kebutuhan.
1. Mempertimbangkan lokasi
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam sewa ruang kantor adalah mempertimbangkan lokasi. Dari sekian banyak kecamatan yang ada, kamu sebaiknya tau dimana pusat bisnis dan zona dagang di Jakarta. Untuk poin yang satu ini memang perlu diskusi yang matang karena nantinya perusahaan kamu akan bertempat tinggal di lokasi tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama, 1 hingga 10 tahun lamanya.
2. Datang dan survei secara langsung
Langkah selanjutnya yang harus diambil dalam menentukan sewa ruang kantor murah, kamu perlu melakukan survei secara langsung dengan mengunjungi kantor-kantor tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh beberapa gambaran umum seperti apa kantor yang ingin kamu sewa. Pertimbangkan juga beberapa pertanyaan umum, seperti jarak perjalanan harian dari rumah menuju kesana, jumlah orang yang bekerja, dan pertimbangkan luas dengan kebutuhan. Untuk luas kebutuhan ruangan, tergantung dengan mobilitas kegiatan bisnis, apakah sering mengadakan meeting, gathering, atau workshop di dalam atau di luar kantor. Bila sering mengadakan kegiatan di dalam kantor, sebaiknya pilih ruang kantor yang luas agar tamu kantor nyaman.
3. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan
Fasilitas juga perlu dipertimbangkan dalam menentukan sewa ruang kantor murah. Sesuaikanlah dengan kebutuhan usaha kamu. Perlu diketahui, adanya perbedaan jenis layanan berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Selain harga, pertimbangkan berikutnya adalah fasilitas yang di berikan oleh pengelola gedung, usahakan juga kita mendapatkan banyak fasilitas yang akan menunjang usaha agar semakin maju dan semakin lancar. Selain fasilitas juga kita harus lebih bayak bertanya kepada pengelola gedung untuk keadaan dan situasi lokasi sekitar gedung yang akan kita sewa.
4. Dikelilingi oleh beragam tempat hangout
Uptown Serviced Office terletak di lantai 8 Plaza Mutiara, persis di sebelah Hotel JW Marriott. Yang artinya kamu mendapat akses yang sangat gampang ke semua tempat, baik itu untuk networking, mencari client, visit ke kedutaan besar berbagai negara, ataupun hangout seperti ke Lotte Shopping Avenue, Mall Ambassador, Kuningan City, hingga Kota Kasablanka. Pernahkah kamu ingin merasakan kerja di kantor tapi bisa juga mampir jalan-jalan keliling kalau sedang bosan? Di Uptown Serviced Office, kamu bisa merasakan semua itu.
Baca juga: 10 Gedung Tinggi Dengan Harga Sewa Kantor Murah di Jakarta
5. Cari tahu biaya tambahan
Tanyakan juga apakah perusahaan penyewa ruang kantor tersebut mengatur mengenai biaya tambahan seperti barang rusak atau hancur, internet, air, tagihan listrik, perawatan kantor misalnya petugas pembersih dan teknisi. Cari tahu apakah hal tersebut terdapat dalam perjanjian penyewaan atau tidak. Jika tidak ada, segera negosiasikan dengan pihak penyedia agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal dengan rate harga yang sesuai budget kamu.
6. Durasi akses
Selain itu, cari tahu durasi akses, misal berapa lama gedung tersebut akan buka dalam satu hari, apakah fleksibel memberikan izin untuk masuk kantor dalam 24/7, apakah internet, penyejuk ruangan, lift, listrik, air, dan fasilitas lainnya dapat diakses 24/7, apakah ada biaya extra jika menggunakan kantor lebih lama dari jam kantor.
7. Perhatikan lingkungan kerja
Sebelum memilih sewa ruang kantor murah, jangan sampai lupa untuk memperhatikan lingkungan kerja seperti kebersihan, keramahan, dan kenyaman. Soalnya, lingkungan pekerjaan akan menentukan semangat seseorang dalam melakukan pekerjaan. Dari segi keamanan gedung atau ruangan, perlu juga diperhatikan. Kamu juga harus mencari tahu mengenai informasi keamanan yang jelas dari penyedia layanan ruang kantor. Hal ini karena kamu akan bekerja dengan beberapa perusahaan lain di dalam gedung yang sama. Coba tanyakan apakah serviced office seperti Uptown menyediakan kartu akses, kunci ruangan maupun loker, CCTV, sambungan telepon, dan keamanan dari internet.
8. Pilih lokasi yang strategis dan memiliki putaran ekonomi baik
Mengapa Jalan Rasuna Said atau Lingkar Mega Kuningan menjadi pilihan utama di daerah Jakarta Selatan? Karena kedua lokasi tersebut termasuk daerah yang multikultural dan ramai baik itu dari sisi kendaraan yang padat atau juga dari tempat-tempat seperti apartment, kedutaan besar, ruko, rumah sakit, gelanggang olahraga, hotel dan juga mall yang sekiranya menandakan perputaran ekonomi di daerah tersebut sangatlah baik. Untuk daerah Lingkar Mega Kuningan sendiri juga terdapat banyak gedung-gedung tinggi dan hotel mewah yang memang terdapat banyak perusahaan dan karyawan yang menyewa atau tinggal di daerah tersebut.
Baca juga: Berapa Tarif Sewa Kantor atau Office Space di Jakarta?
9. Ruang kantor yang modern dan tertata rapih
Desain interior ala Manhattan, New York City bukan hanya persoalan mengenai tata letak ruangan, tetapi juga modernitas secara total. Seluruh desain kantor Uptown Serviced Office tertata rapi dengan meja dan bangku yang nyaman, sambungan telpon, kabel listrik, laci penyimpanan dan sistem kontrol akses yang canggih. Ini sejalan dengan tema Manhattan, New York City yang menyukai kecepatan, efisiensi dan kepraktisan modern. Untuk kebutuhan pekerjaan modern seperti startup digital hingga UKM, Uptown Serviced Office akan mampu menjawab kebutuhan sewa ruang kantor murah di Jakarta Selatan.
10. Punya meeting room yang berestetika
Selain sewa kantor, kamu juga bisa sewa meeting room yang tergolong sangat bagus dan modern desainnya. Terkadang kalau kita berpikir soal meeting, tentunya yang akan terlintas pikiran kita itu pasti membosankan, monoton, dan terlalu serius. Tetapi di Uptown Serviced Office, tampaknya juga tersedia meeting room yang memiliki estetika. โBuat apa sih punya ruang meeting yang bagus? Bukannya yang dibutuhkan cuma kursi, meja, papan tulis, dan mungkin proyektor saja?” Statement ini tidak sepenuhnya benar karena suasana yang baik pun akan mendukung mentalitas dan semangat dalam bekerja.
11. Surat kontrak sewa menyewa
Setelah kamu menentukan untuk meninggali tempat yang sudah disurvei, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah tanda tangan kontrak sewa menyewa. Dalam tahapan ini usahakan kamu membaca dengan baik dan seksama. Jangan sampai kamu melewatkan satu katapun tanpa kamu pahami. Biasanya di dalam surat kontrak sewa menyewa akan dijelaskan tentang apa yang akan menjadi hak kamu yaitu penyewa dan juga kewajiban kamu dalam menyewa tempat tersebut. Dan jika dalam surat kontrak sewa menyewa ada yang tidak bisa terima atau ada syarat yang memang memberatkan, alangkah baiknya kamu diskusikan kembali dengan pengelola management untuk mencari jalan keluar terbaik.
12. Kualitas yang berbanding dengan harga
Hal yang terpenting dalam seluruh proses ini adalah adalah kualitas yang berbanding dengan harga. Dengan inspirasi furnitur dan elemen ala Manhattan, New York City, Uptown Serviced Office mampu menghadirkan ruangan Private Office, Co-working Space, Virtual Office, Meeting Room, Event Space, lounge dan banyak lagi tanpa harus menguras banyak biaya atau mengorbankan kualitas sama sekali. Desain interior ini juga tidak membutuhkan perawatan mahal seperti material bangunan lainnya, namun bisa memberikan manfaat yang lebih ekstra bagi penggunanya. Oleh karena itu, tidak heran jika Uptown Serviced Office mampu memberikan harga pelayanan yang paling bersaing di kelasnya.
Baca juga: Sewa Kantor di Jakarta: Shared Office atau Private Office?
Sewa ruang kantor murah di Uptown Serviced Office
Semoga cara memilih sewa ruang kantor murah di atas bisa membantu kamu menentukan tempat kerja yang tepat. Jika kamu sedang mencari sewa kantor murah di Jakarta Selatan, bisa pilih Uptown Serviced Office. Uptown Serviced Office merupakan tempat sewa kantor murah di Jakarta Selatan tepatnya di kawasan CBD Lingkar Mega Kuningan yang menyediakan fasilitas kerja yang cukup lengkap, seperti Private Office, Co-working Space, Virtual Office, Meeting Room, Event Space, lounge dan banyak lagi.
Hello ๐ Your post is very brilliant and fascinated, I like the idea and conception. I retargeting main address for all friends… ๐ Thanks!
Ive learned so much online in the past four years. The majority of my knowledge I attribute to reading great blogs like yours. Thank you!
I wasn’t aware of some of the material that you wrote about so I want to just say thank you for posting, i am just a newbie in the internet business, need to learn a lot from the gurus.