Ruang kantor adalah
Representasi merek atau brand perusahaan kamu, sehingga memerlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam pemilihan desain. Selain mewakili brand, desain ruang kantor dapat mencerminkan aspek positif dan prestige tentang bagaimana kamu bekerja dan apa yang kamu inginkan. Ada perasaan luar biasa dan tak dapat dilukiskan dengan perkataan apapun saat kamu berhasil merancang sebuah ruang idaman. Ruangan yang lengkap dengan fungsi, estetika, dan pengaruh positif yang diberikan.

Ruang kantor dan area lounge di Uptown Serviced Office
Menata ruang kantor menjadi satu pekerjaan yang tidak mudah
Sama seperti saat merancang ruang atau rumah idaman, merancang dan menata ruang kantor menjadi satu pekerjaan yang tidak mudah dan penuh tantangan. Banyak sekali hal yang harus benar-benar dipikirkan, terutama penggunaan perabotan dan elemen-elemen dekoratif serta unsur desain yang harus dipertimbangkan. Ruang kantor juga merupakan tempat dimana kamu dan para karyawan menghabiskan sebagian besar waktu. Tidak ada lagi alasan yang lebih baik dari hal tersebut untuk merancang dan menjadikannya semenarik dan senyaman mungkin. Jangan pernah remehkan dan anggap sepele merancang dan mendekorasi ruangan ini.

Ruang kantor jenis private office di Uptown Serviced Office
Langkah yang perlu diambil dalam men-desain ruang kantor
Saat memutuskan merancang interior kantor, masih banyak yang bertanya-tanya dari mana harus memulai. Langkah pertama seperti apa yang harus diambil. Tidak pernah ada rumus baku untuk hal ini sebenarnya. Namun langkah-langkah standar yang biasa dilakukan para perancang atau desainer adalah memberi kamu gambaran hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan jasa desain interior dan para professional agar memudahkan kamu memutuskan mana yang terbaik untuk kantor kamu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan saat memutuskan untuk mendesain ruang kantor:
Perhatikan dan pikirkan suasana kantor yang ingin kamu tampilkan
Saat mendekorasi ruang kantor, mulailah mengevaluasi apa yang telah ada dan suasana ruangan seperti apa yang ingin dicapai. Ruang kantor biasanya memerlukan pendekatan minimalis agar terlihat profesional. Skema warna monokromatik dengan furnitur berbentuk geometris dan tata letak simetris, biasanya merupakan langkah perencanaan pertama yang paling tepat. Hindari perabotan berat dan berlebihan untuk memudahkan penggunaan dan aliran ruang. Dengan seperti itu, tingkat kenyamanan sosial di antara sesama pengguna ruang juga sangat mudah untuk tercapai.
Elemen dekoratif
Saat memutuskan dan menentukan pendekatan minimalis, selalu selaraskan dengan selera dan terutama dengan jenis dan model bisnis perusahaan kamu. Jika kamu berada di industri fashion, ikuti skema dua warna berani seperti pink dan putih. Jika kamu berada di bisnis kertas dan alat tulis, kamu bisa menggunakan nada biru dan lebih banyak warna putih lagi. Atau dengan sentuhan warna-warna pastel. Ketika pelanggan, klien dan pekerja berjalan ke tempat kerja, mereka harus merasakan apa yang perusahaan kamu coba wakili.
Pencahayaan ruang kantor
Pastikan pencahayaan dan penempatan lampu seseuai dengan bentuk dan memiliki kontras. Pencahayaan sempurna akan memberi sudut pandang yang juga sempurna. Pastikan pencahayaan terfokus pada area-area yang membutuhkan tingkat pencahayaan maksimal. Penggunaan cahaya redup, meski menjadi tren pada beberapa gagasan desain, namun dalam beberapa situasi kamu tidak memerlukannya. Kamu pasti tidak menginginkan kehilangan fungsi kantor kamu tanpa pencahayaan yang cukup.
Berfungsi maksimal layaknya playground
Terakhir dan sangat penting. Ruang kantor haruslah juga dapat berfungsi seperti sebuah playground. Gagasan desain seperti ini mungkin akan sedikit berat dalam pemeliharaan. Namun kamu dapat mengatasinya dengan desain minimalis yang minim perawatan berat. Kalaupun ada, pemeliharaan furnitur, warna cat, pencahayaan, dan segenap elemen dekoratif lainnya, dijamin akan selalu hadir dengan tingkat perawatan yang minor.
Baca juga: 10 Ide Ruangan Kerja Minimalis Yang Bisa Bikin Kerja Lebih Fokus

Ruang kantor dan meeting room di Uptown Serviced Office
Ruang kantor yang cocok untuk perusahaan kamu
Setelah mengetahui elemen-elemen penting dalam mendesain sebuah kantor, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis kantor yang sesuai dengan perusahaan kamu. Siapa saja yang akan atau sedang berkerja di kantor kamu dan fasilitas apa saja yang mungkin kamu bisa berikan. Tidak hanya fokus kepada fungsinya, desain kantor akan lebih baik jika fokus juga pada tata letak dan dekorasi. Kantor yang biasa hanya terdiri dari deretan meja dan kursi dengan dinding polos, sekarang kamu harus berpikir membuat desain kantor yang ditata dengan apik dan dilengkapi dengan dekorasi yang cantik nan fungsional.

Ruang kantor jenis private office di Uptown Serviced Office
Desain kantor dengan ruangan tertutup
Seperti kantor-kantor pada umumnya, ruang kantor tertutup adalah tempat privat yang dibatasi oleh dinding pembatas. Tak lain adalah untuk menjaga konsentrasi setiap karyawan, sehingga dapat memaksimalkan produktivitas mereka. Meskipun ruangan kantor ini dianggap membosankan, namun masih ada yang menggunakan jenis ruang kantor tertutup, ini khusus bagi orang-orang yang tidak menginginkan pekerjaan mereka tidak diganggu oleh siapapun.
Kelebihan desain kantor dengan ruangan tertutup:
a) Menjaga privasi
Ruang tertutup membuat privasi karyawan lebih terjaga. Hal ini memfasilitasi karyawan untuk memiliki tempat dan area kerja mereka tersendiri di mana mereka bisa berpikir dan bekerja tanpa gangguan apapun. Selain itu karyawan juga bisa menerima telepon atau mengerjakan proyek dan tugas penting tanpa diketahui orang banyak.
b) Kerja bebas gangguan
Terkadang karyawan ingin tidak ada suara gaduh atau bising yang memecahkan konsentrasi dan mengganggu. Desain tata ruang tertutup menyediakan ruang kerja yang bebas gangguan untuk karyawan dimana mereka dapat bekerja tanpa terganggu oleh apapun. Hal ini membuat karyawan dapat lebih fokus bekerja dan meningkatkan produktivitas.
c) Meningkatkan kreativitas
Ruang yang privat membuat lingkungan yang damai dan tenang membuat karyawan dapat mengeksplorasi diri lebih baik karena fokus pada pekerjaan sehingga menimbulkan kreativitas lebih. Maka, karyawan yang bekerja di departemen kreatif membutuhkan lingkungan kerja yang hening dan tenang sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan sehingga dapat memberikan hasil terbaik.
d) Hirarki yang jelas
Kantor tertutup sering menunjukan ruang-ruang khusus bagi psosisi dengan jabatan tertentu. Maka urutan jabatan atau hirarki di kantor akan terbaca dengan jelas. Umumnya semakin tinggi posisi seseorang, maka akan semakin bagus dan khusus ruangan orang tersebut.
e) Persaingan sehat
Ruangan kerja yang lebih bagus dan khusus membuat setiap karyawan bersaing dengan sehat untuk mendapat posisi atau jabatan tinggi agar bisa memiliki ruangan tersebut. Mereka akan melakukan yang terbaik demi mempromosikan diri untuk naik jabatan menjadi posisi yang lebih baik.
f) Tidak banyak obrolan
Ruang tertutup membuat komunikasi yang jarang. Sehingga tidak banyak karyawan yang mengobrol dan bergosip. Mereka fokus pada pekerjaannya dan ingin cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa membuang waku dengan hal yang tak penting.
g) Lebih aman bagi karyawan
Ruang tertutup bagus untuk pekerjaan yang bersifat rahasia. Ruangan tertutup atau cubicle pemisah akan membuat setiap karyawan merasa lebih aman dalam privasi mereka sendiri. Adanya dinding pembatas dari setiap ruang menjadi rasa aman yang lebih karena batas antara satu karyawan dengan karyawan lain.
h) Setiap karyawan bekerja dengan gaya masing-masing
Karyawan bebas berekspresi dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cara dan gaya masing-masing. Mereka juga bisa mengatur hal-hal yang mereka suka maupun tidak diruangannya sendiri. Cara ini mendorong karyawan mampu berkonsentrasi pada pekerjaannya dan memberikan hasil yang lebih baik.
i) Lingkungan sehat di kantor
Tercipatanya lingkungan sehat di kantor, tidak ada perdebatan, gosip atau interaksi yang spesifik. Karena jauh berkurangnya gosip dan interaksi antar karyawan, maka lingkungan kantor menjadi formal dan tepat untuk bekerja.
Kekurangan desain kantor dengan ruangan tertutup:
a) Sulit mengawasi karyawan
Dengan ruangan pribadi setiap karyawan tentunya sulit mengawasi karywan satu persatu, dari ruangan ke ruangan. Membuat waktu dan tenaga yang dikeluarkan kurang efektif dan efisisen.
b) Kurangnya komunikasi antar karyawan
Adanya kesenjangan komunikais antar karyawan. Ini dikarenakan komunikasi antar karyawan dan rekan kerja akan sangat berkurang karena posisi tempat kerja yang berbeda dan ruangan yang berbeda. Karyawan bekerja di ruang mereka sendiri dan berkomunikasi satu sama lain hanya bila diperlukan.
c) Lebih mahal untuk dibangun
Butuh biaya lebih untuk membangun tata ruang kantor tertutup. Dibutuhkan lebih banyak infrastruktur dibandingkan dengan tata ruang terbuka, termasuk biaya pembangunannya. Kuantitas bahan baku kayu, batu bata, peralatan dan fasilitas juga lebih banyak dibutuhkan.
d) Ada kemungkinan menurunnya produktivitas karyawan
Memungkinkan kinerja menurun dikarenakan kurang penangawasan dari atasan. Maka seringnya ruang privasi untuk karyawan terkadang disalahgunakan. Hal ini bisa menyebabkan menurunnya kinerja dan produktivitas karyawan yang kemudian akan merugikan perusahaan. Ada kemungkinan mereka malas bekerja karena tahu tidak ada pengawasan secara langsung.
e) Membutuhkan lebih banyak ruang
Penggunaan ruang kerja untuk seluruh karyawan secara terpisah mempengaruhi jumlah karyawan yang dipekerjakan. Dibandingkan dengan desain tata ruang terbuka, jenis ini membuat perusahaan hanya bisa mempekerjakan sedikit karyawan karena keterbatasan ruangan yang ada.
f) Karyawan dapat berprilaku negatif
Terkadang, karyawan mengambil keuntungan dari konsep layout ini dengan berani melakukan perilaku negatif. Misalnya saja menggunakan peralatan atau fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, atau bahkan melakukan romansa di kantor. Hal ini dapat mengganggu lingkungan kerja di kantor dan karyawan lainnya.
g) Kemungkinan tidak adanya alur kerja
Konsep desain ini mengharuskan karyawan saling berkomunikasi dengan cara berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Ketika mereka sedang terburu-buru, terdapat kemungkinan karyawan meninggalkan arus kerja atau SOP tertentu sehingga mengganggu alur kerja yang sesungguhnya.
h) Kemungkinan tidak semua karyawan menerima informasi
Karena setiap karyawan berada di ruang kerja masing-masing, maka terdapat kemungkinan ada informasi yang belum atau tidak diterima oleh beberapa karyawan.
i) Kurangnya rasa kesatuan antar karyawan
Mengingat tidak adanya komunikasi antara karyawan, maka tidak ada pula hubungan dekat dan persatuan diantara mereka. Ini merupakan kelemahan yang dapat memperlambat perkembangan perusahaan.
j) Tidak adanya faktor emosional antar karyawan
Sebagai makhluk sosial, setiap manusia membutuhkan dukungan moral untuk bisa mencapai tujuan mereka. Ada kecenderungan manusia untuk bergantung pada orang lain dalam beberapa alasan. Namun, faktor ini hilang karena kurangnya komunikasi antar karyawan.
Baca juga: 25 Desain Ruang Kerja yang Membuat Kamu Fokus di Rumah

Ruang kantor jenis private office di Uptown Serviced Office
Desain kantor dengan ruangan terbuka
Tata ruang kantor terbuka atau open office layout yang sedang populer saat ini memberikan revolusi besar dalam desain ruang kantor. Yang sering kita tahu adalah ruang kantor terbuka ini memberikan keleluasaan lebih bagi para karyawan untuk berinteraksi. Namun, apakah jenis ruang kantor ini dapat memaksimalkan pekerjaan?
Kelebihan desain kantor dengan ruangan terbuka:
a) Budget lebih ekonomis
Tentunya dengan ruangan terbuka berarti tidak ada perpisahan meja kerja antar karyawan. Ini membuat budget ekonomis. Dan juga dapat menampung lebih banyak orang di ruangan.
b) Pertukaran ide lebih cepat
Jarak yang dekat antara karyawan membuat mereka lebih cepat dan mudah untuk saling bertukar pikiran sekaligus meningkatkan produktivitas. Konsep tata letak ini meningkatkan pertukaran ide dengan cara yang sangat mudah.
c) Pengawasan yang mudah
Desain ini juga dapat memudahkan manajer dan supervisor untuk mengawasi dan membimbing para karyawan dengan cara yang lebih efisien. Ya lagi-lagi karena jarak yang dekat semua lebih mudah. Kini, manajer atau supervisor tidak harus berjalan keliling dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk melakukan pengawasan atau meminta feedback dari karyawan. Pengawasan yang cepat kemudian membantu untuk mengatasi masalah dengan lebih cepat.
d) Meningkatkan komunikasi
Sisi positif dari tidak adanya dinding antara karyawan adalah keleluasan berinteraksi komunikasi antar karyawan. Semua orang berada di tempat yang sama, tidak banyak waktu yang terbuang dalam berkomunikasi. Membuat efektif dan efisien.
e) Meningkatnya hubungan kerja
Dengan jangkauan yang dekat membuat atasan dan karyawan labih dekat, dalam arti hubungan akan terjalin semakin baik. Kemudian, keadaan ini secara langsung juga mengembangkan lingkungan kerja yang positif. Jika karyawan merasa senang, maka produktivitas mereka secara alami juga akan meningkat.
f) Pekerjaan lebih mudah dan cepat diselesaikan
Manajer akan lebih mudah memantau proyek sebuah tim yang sedang berjalan jika ruangan kantor didesain dengan konsep ini, karena memungkinkan untuk melacak perkembangan setiap anggota yang terlibat. Informasi dan masukan menjadi lebih mudah disalurkan satu sama lain.
g) Fasilitas dan biaya terkait dapat lebih ekonomis
Kantor yang sentral dapat memungkinkan berkurangnya fasilitas seperti AC dan biaya listrik, sehingga ikut juga menekan biaya yang harus dikeluarkan. AC yang dipasang secara sentral dapat mengurangi anggaran diabndingkan biaya AC pada setiap ruangan (desain tata ruang kantor tertutup).
h) Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar
Karena ruangan kantor ini terbuka, maka ruangan akan terasa lebih luas dan juga udara yang masuk lebih mudah. Cahaya alami juga mudah masuk karena tidak ada ruangan yang disekat sekat oleh dinding pembatas. Membuat pikiran lebih jernih dengan adanya cahaya dan udara yang masuk.
i) Perubahan interior lebih mudah dilakukan
Perubahan akan terus terjadi mengikuti perkembanagn kantor. Interior pun terkadang mengalami sedikit perubahan apabila jika ada penambahan atau pengurangan karyawan. Desain tata letak ruang kantor terbuka memudahkan untuk menambah atau bahkan mengurangi meja dan kursi
Kekurangan desain kantor dengan ruangan terbuka:
a) Desain ruang kantor
Selain menawarkan beberapa kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kekurangan dari desain tata ruang kantor terbuka. Apa saja kekurangannya, berikut ini beberapa kekurangan desain tata ruang kantor terbuka.
b) Menimbulkan suara gaduh
Berpusatnya banyak orang dalam satu tempat yang sama tanpa adanya pembatas bisa mengganggu orang lain. Seperti, suara orang mengobrol, telepon, alat ketik dan “polusi” suara lainnya terdengar jelas. Suara kegaduhan tersebut akan mengganggu kenyamanan.
c) Membuat konsentrasi terganggu
Tidak adanya ruangan privat membuat konsentrasi karyawan terganggu. Apalagi karyawan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, mereka akan memecahkan fokus karyawan lain. Hal ini kemudian secara langsung pun menurunkan produktivitas mereka terlebih pada orang-orang yang tidak bisa bekerja dalam keadaan bising.
d) Kurangnya keamanan
Akan mengurangi keamanan untuk pekerjaan yang bersifat rahasia. Karena, tidak ada privasi dan keamanan yang ketat dalam tata ruang kantor terbuka sehingga setiap karyawan harus menjaga dengan benar tugas dan barang mereka di meja masing-masing.
e) Tidak ada ruang pribadi
Seperti namanya tata ruang kantor terbuka, ini tidak memungkinkan setiap karyawan untuk melakukan percakapan pribadi yang bersifat rahasia. Karena semua orang akan mendengar percakapan kamu. Solusinya, karyawan harus keluar ruangan dan mencari tempat tertutup, misalnya kamar mandi, untuk menelepon (pribadi).
f) Rawan terjadi perdebatan
Semakin banyak orang diruangan tersebut maka ssemakin banyak pendapat yang harus menjadi satu suara. Perdebatan akan sering terjadi, seperti karyawan yang satu mungkin saja tidak setuju dengan pengaturan lampu, temperatur AC, pemilihan pewangi ruangan dan sebagainya. Hal ini sangat umum terjadi. Hierarki antara senior dan junior hilang jika ruangan kantor didesain dengan konsep terbuka. Hal ini bisa menciptakan perasaan yang negatif bagi mereka sehingga menurunkan produktivitas.
Baca juga: Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif. Seperti Apa Kriterianya?

Ruang kantor jenis co-working space di Uptown Serviced Office
Beragam desain kantor minimalis yang dapat menginspirasi kamu
Desain kantor ala kafe
Kafe sendiri saat ini bukan hanya tempat makan, tapi juga sudah menjadi pilihan untuk tempat meeting. Seiring perkembangannya, kafe juga menjadi tempat yang banyak dipilih untuk menyelesaikan pekerjaan. Suasana santai di kantor didesain khusus dengan dimanjakannya karyawan agar dekat dengan sumber makanan yang akan membuat karyawan kamu betah berlama-lama di meja kerja. Untuk pemanis kamu bisa menmbahkan mural atau wallpaper pada dinding “dapur” untuk menambah kesan artistik pada area kerja jenis ini. Membuat kantor kamu semakin terasa seperti kafe. Ditunjang alat-alat perkantoran portable serta arus informasi yang dapat diakses di mana saja, bekerja di kantor ala kafe jadi satu hal yang makin mengasyikan. Nah, gaya kafe ini bisa kamu terapkan di kantor kamu. Sehingga kantor tidak membosankan dan membuat nyaman bahkan nampak mengasyikan.

Ruang kantor ala cafe
Desain kantor bernuansa alam
Nuansa alam membuat hati tentram dan damai, pepohonan hijau dan langsung melihat suasana alam membuat kamu semakin betah berlama-lama di kantor. Unsur kayu berupa balok dan batang kayu, kursi rotan, pepohonan, serta unsur air dimanfaatkan optimal agar desain kantor ini bernuansa alam dan dapat membawa kenyamanan serasa di rumah. Lebih dekat ke alam adalah terapi gratis yang diberikan perusahaan agar para pekerja lembur dapat menenangkan pikiran dan bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Ruang kantor ala alam
Desain kantor modern
Kamu bisa membuat kantor modern dari tampilan eksterior dengan bergaya arsitektur modern futuristik, sebagai jati dirinya yang terus maju sesuai perkembangan jaman. Dengan interior yang fleksible dan ada ruangan-ruangan yang tertutup ataupun terbuka, semua fasilitas kantor yang baik, dimulai dari tempat santai, ruang rapat yang terbuka dan juga tempat kerja yang semi terbuka. Mix and match yang tepat membuat kantor ini sangat baik, membuat kantor bergaya modern ini sangat nyaman serta totalitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan karyawan.

Ruang kantor modern
Desain kantor minimalis
Seiring berjalannya waktu, harga tanah semakin naik. Ini berdampak pada pembangunan kantor. Tak jarang orang membangun kantor dengan luas tanah yang sempit. Namun tidak perlu khawatir, kamu hanya perlu piawai mendekorasi kantor kamu sehingga dapat tetap nyaman. Hampir sama seperti rumah minimalis, kantor ini tetap terlihat elegan dan cantik dengan dekorasinya. Seperti kantor minimalis ini, dimana semua terlihat ringkas simple namun tetap rapih dan nyaman.

Ruang kantor minimalis
Desain kantor ala rumahan
kamu bisa bayangkan jika suasana dikantor seperti suasana rumah, sangat menyenangkan bukan? Ya, kini tampilan kantor banyak yang sudah memikiran kenyamanan dan ketenangan tak jarang pemilik kantor membuat tema kantor ala rumah yang sengaja dipilih agar para karyawan betah berlama-lama dikantor. Ciri desain ini adalah terdapat sofa-sofa rumahan yang digunakan untuk bekerja sambil santai. Sambil merelaksasi diri para karyawan bekerja, bahkan mereka menganggap kantor sekaligus seperti rumah mereka. Sehingga tingkat loyalitas mereka terbentuk semakin tinggi dan mau bekerja dengan hati, yang membuat motivasi kerja dan produktivitas meningkat.

Ruang kantor ala rumahan
Desain kantor konsep industrial
Konsep Industrial ini dengan sentuhan unfinished dan lampu yang menggantung dapat menjadi jurus ampuh untuk mendapatkan kesan khas gaya industrial. Meja panjang, kursi tinggi, layaknya di bar akan membuat kamu lupa sedang berada di kantor. Komunikasi antar rekan kerja bisa lebih santai tanpa harus mengurangi produktifitas kerja. Kreasikan desain dengan penggunaan dinding dan plafon ekspos yang menunjukkan material mentah yang merupakan salah satu ciri khasnya.

Ruang kantor ala industrialis
Desain kantor gaya vintage
Jika kamu menyukai gaya klasik, desain kantor gaya vintage sangat tepat dimana gaya ini menghadirkan barang-barang dari era lama dan ketinggalan zaman yang diberi sentuhan modern. Sungguh sangat indah jika ada barang antik di kantor kamu namun tidak kuno. Salah satu ciri gaya vintage adalah digunakannya furniture bergaya retro, contohnya seperti digunakannya kursi atau meja jengki. Kursi jengki memiliki ciri khas dengan kaki mengerucut dan dibuat dengan kualitas kayu yang baik. Kantor kamu akan terlihat keren dan membuat nyaman dengan nuansa vintage yang ada.

Ruang kantor ala vintage
Desain kantor kaca
Seperti namanya, ruangan kantor ini dikelilingi kaca yang semakin membuat kantor terlihat elegan. Salah satunya yang dengan banyak digemari adalah dengan partisi kaca yang berfungsi sebagai penyekat atau pembatas ruangan satu dan lainnya di kantor, menggunakan material kaca. Kelebihan penggunaan material kaca yaitu memberikan kesan view yang luas, terang karena cahaya bebas masuk, hemat energi, dan dinamis. Kamu bisa mengaplikasikannya di kantor, karena ini sangat indah dan terlihat mewah. Membuat kamu betah berlama-lama di kantor.

Ruang kantor berkaca
Desain kantor kreatif
Biasanya kantor ini dikhususkan bagi orang seni, namun tak jarang bagi perusahaan atau kantor yang bekerja yang menuntut kerja keras dan kreativitas tinggi pun memakai konsep ini. Hal yang unik dan kreatif ini mencerminkan misi kantor agar terus selalu kreatif dalam setiap karyanya. Suasana kantorpun menciptakan budaya kantor itu sendiri. Selain itu, kantor ini dibuat santai sehingga tidak ada tekanan kepada karyawan. Mereka dapat berkreasi secara maksimal dengan kebiasaan mereka masing-masing. Karena tempat yang nyaman membuat kreatifitas pun hadir.

Ruang kantor kreatif
Desain kantor tradisional
Jika kini banyak kantor yang mengusung kekinian, tapi desain kantor tradisional pun masih ada yang mengaplikasikan. Dengan nama tradisional, barang dan arsitektur yang ada dikantorpun terlihat masih seperti zaman dulu yang khas. Gaya desain tradisional identik dengan furnitur kayu dengan ukiran yang mendominasi ruang. Pemilihan lampu, meja dan pajangan ala tradisional merupakan elemen dekoratif yang juga mempertegas gaya ini. Selain membuat kantor terlihat tradisional, ini juga menampilkan karakter yang mencintai budaya loh, jika kamu suka dengan gaya ini bisa mencoba nya di kantor.

Ruang kantor tradisional
Desain kantor putih
Kantor ini didominasi oleh warna putih. Warna putih ini mampu memunculkan kesan modern dan segar. Dinding berwarna putih dipasangkan dengan lantai kayu, perabotan yang ada juga menggunakan warna putih yang senada. Agar tidak membosankan, sebaiknya hadirkan aksesoris ruangan seperti lukisan dan potret yang berwarna. Simpel, minimalis dan natural itulah yang diyakini mampu meningkatkan level semangat saat sedang bekerja. Untuk memberikan dekorasi variasi pada ruangan, kamu bisa menggunakan material dengan warna yang senada untuk beberapa ruangan. Seperti contohnya, lantai dengan motif tumpuk pada ruangan karyawan dan lantai dengan motif lain di ruangan rapat. Furnitur aksen kayu juga dapat menambah kesan natural pada desain ini.

Ruang kantor putih
Desain kantor mewah
Tak hanya sebagai tempat bekerja untuk karyawannya, kantor juga mencerminkan image dari perusahaan. Klien yang datang akan menilai dai sisi desain kantor kamu. Tentu kamu tak ingin klien lari karena tampilan kantor yang tak teratur dan tak nyaman bukan? Kantor bukan lagi menjadi tempat formal dengan desain interior yang membosankan, sekarang dengan semakin berkembangnya desain interior di Indonesia, tentu saja kantor juga harus dibuat seindah dan senyaman mungkin. Tampilannya begitu indah dan mewah dengan suasana yang rapi dan bersih. Tak hanya karyawan, klien kamu juga bisa puas menikmati nuansa kantor yang nyaman. Ruang kantor harus sedapat mungkin menangani kebutuhan karyawan melalui desain tempat kerja yang cerdas untuk mendapatkan kinerja kreatif yang optimal, budaya perusahaan sama pentingnya. Maka dari itu desain mewah dapat menggambarkan bahwa perusahaan ini memang memfasilitasi karyawan secara maksimal.

Ruang kantor mewah
Dari sekian banyak desain kantor, manakah yang menurut kamu paling tepat untuk kantor kamu?
I кnow this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and ԝas wondering what all is needed to get setup?
I’m assuming һaving a Ƅlog like yours w᧐uld cost a pretty penny?
I’m not very іnternet smart ѕo I’m not 100%
positive. Any sսggestions or advice would be greatly
appreciated. Kudos
Hi there,
You can start by using WordPress or blogger. Maybe from there, you can figure it out which platform suits you best.
Have a nice day!