Tips memilih harga sewa ruang kantor dan virtual office di Jakarta
Harga sewa ruang kantor siap pakai di Jakarta saat ini ditentukan lewat kualitas dari bentuk ruangan dan layanan yang akan diberikan. Namun, saat ini sudah ada banyak sekali perusahaan penyedia kantor, baik Private Office ataupun Virtual Office yang memberikan promo atau harga dibawah standar untuk menarik minat dan memberikan kemudahan fasilitas bagi pengusaha yang tidak memiliki gedung.
Sebagaimana diketahui, bahwa kedua layanan sewa kantor jenis tersebut di Jakarta kini sedang banyak digandrungi oleh para perusahaan startup dan yang sudah establish. Khusus untuk Virtual Office, ruangan tak kasat mata yang keberadaannya hanya ada di internet tersebut, kini juga sudah menyediakan fasilitas pendukung kegiatan kantor seperti ruang rapat atau Meeting Room, Event Space, Lounge Area atau Co-working Space untuk bertemu klien, pengurusan administrasi, dan lain-lain.
Hal inilah yang menyebabkan kebutuhan akan ruangan kantor semakin meningkat. Dengan adanya Virtual Office bisa menekan biaya kebutuhan pengadaan kantor dan segala fasilitas di dalamnya, seperti kursi, meja, alat printer, fax, dan lain sebagainya. Selain itu dengan menggunakan Virtual Office, perusahaan dianggap lebih efisien dan praktis dalam membangun usaha.
Meskipun harga sewa ruang kantor siap pakai telah disediakan oleh pihak penyedia ruangan, seperti Uptown Serviced Office, namun pihak penyewa tetap harus teliti dalam memilih dan mendapatkan ruangan yang diinginkan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu sebelum sewa kantor jenis Virtual Office:

Harga sewa ruang kantor dan Virtual Office di Jakarta
a) Kelengkapan fasilitas kantor
Hal yang terpenting dan perlu diperhatikan pertama adalah kelengkapan fasilitas kantor karena nantinya akan berpengaruh pada harga. Kelengkapan fasilitas kantor bisa dimulai dari alat elektronik seperti LCD proyektor, printer, mesin fax, white board untuk presentasi, mic, audio dan lain-lain. Sedangkan untuk kelengkapan inventaris ruangan tentunya berupa meja dan kursi yang layak untuk perkantoran, segala macam alat tulis yang mendukung rapat, dan masih banyak lainnya. Kelengkapan fasilitas tersebut nantinya akan berpengaruh pada harga sewa. Semakin baik fasilitas yang diberikan maka akan semakin tinggi harga sewa sebuah kantor. Jika terdapat promo yang menawarkan harga murah, maka kelengkapan fasilitas butuh untuk diteliti kembali.

Sewa ruang kantor Virtual Office dan Meeting Room di Jakarta
b) Desain kantor
Berikutnya hal yang mempengaruhi harga sewa ruang kantor Virtual Office adalah bentuk desain kantor. Banyak sekali perusahaan yang mempromosikan harga murah Virtual Office akan tetapi dengan desain ruangan yang diberikan adalah seadanya. Seringkali dengan desain ruangan yang seadanya membuat inventaris yang ada pada ruangan tersebut juga seadanya. Hal inilah yang terkadang membuat harganya menjadi sangat murah. Padahal untuk membangun sebuah ide pemikiran perusahaan dibutuhkan ruangan yang pantas apalagi untuk rapat dengan para karyawan ataupun saat bertemu dengan klien, otomatis desain ruangan akan mewakili citra perusahaan. Jadi desain Virtual Office tidak bisa dikesampingkan dari hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa kantor Virtual Office.

Sewa ruang kantor Virtual Office dan Lounge Area di Jakarta
c) Kelengkapan berkas kantor
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum menyewa kantor Virtual Office adalah kelengkapan berkas kantor perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa beberapa perusahaan penyedia layanan kantor virtual membutuhkan adanya alamat gedung kantor yang komplit dan memiliki ruang kantor secara fisik untuk melengkapi berkas perizinan berdirinya sebuah perusahaan atau perkantoran. Salah satu syarat kelengkapan tersebut adalah dokumen resmi kepemilikan atau tanda kerjasama penggunaan gedung sebagai pusat usaha. Oleh karena itulah berkas yang dimiliki gedung tersebut harus lengkap sehingga bisa memudahkan segala urusan administrasi perkantoran khususnya dalam bidang perpajakan.

Penyedia sewa ruang kantor dan Virtual Office di Jakarta
Baca juga: Sewa Virtual Office Murah di Jakarta, Mulai dari Rp 13.000/hari
d) Pelayanan yang diberikan
Setelah meneliti berkas yang ada, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jenis pelayanan apa saja yang nantinya akan diterima oleh pihak penyewa. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menyewa Virtual Office karena beberapa perusahaan sering menggunakan alamat dan nomer telepon gedung yang disewa untuk berkomunikasi dengan klien. Sehingga dibutuhkan pelayanan komunikasi yang bisa menyambungkan klien dengan penyewa. Selain itu, saat mengadakan meeting atau rapat tentunya membutuhkan tenaga untuk mengurus segala keperluan yang dibutuhkan, mulai dari makan, minum, dan perlengkapan rapat. Hal ini juga termasuk ke dalam pelayanan yang diberikan oleh pihak penyewa Virtual Office.

Penyedia sewa ruang kantor dan Virtual Office di Jakarta
e) Jangka waktu sewa
Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jangka waktu yang disewakan. Waktu juga berpengaruh pada harga yang diberikan oleh pihak penyedia karena dibutuhkan perhatian dan kecermatan saat menyewanya. Pada perusahaan yang menjamin harga murah pada umumnya memberikan keterbatasan waktu pada penyewa sehingga jika tidak dicermati maka akan mengganggu proses kerja, seperti waktu penggunaan Meeting Room yang sangat terbatas.

Penyedia sewa ruang kantor dan Virtual Office di Jakarta
f) Cari tau konsep kantor virtual = sesuai dengan perusahaan
Langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah mengetahui konsep dari perusahaan penyedia kantor virtual tersebut. Konsep ini akan menjadi acuan utama untuk bidang bisnis yang sedang kamu jalankan. Pilihlah Virtual Office yang mengusung konsep sejalan dengan bisnis kamu sehingga akan terjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Kamu bisa melihat konsep Virtual Office dari segi pelayanan, pimpinan perusahaan, serta sistem kepegawaian.

Tips memilih harga sewa ruang kantor dan virtual office di Jakarta
g) Pegawai dapat beradaptasi dengan konsep Virtual Office
Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memilih harga sewa ruang kantor Virtual Office adalah para pegawai yang nantinya akan bekerja sama dengan kamu dapatkah beradaptasi dengan konsep kantor virtual? Karena tidak semua pegawai bisa langsung beradaptasi dengan mudah karena memang konsep kantor virtual ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kamu perlu kebijakan dan aturan yang tepat. Bagi beberapa orang yang terbiasa bekerja di kantor konvensional (fisik) tentunya membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan konsep kantor virtual. Namun, bisa juga mereka tidak sanggup untuk melakukannya. Jika tidak, kamu bisa saja kehilangan pegawai kamu.

Tips memilih harga sewa ruang kantor dan virtual office di Jakarta
Baca juga: Virtual Office Jakarta Terbaik. Bisa Buat PT & CV Murah dan Mudah
h) Apakah sering menyelenggarakan event bisnis?
Penyedia Virtual Office harus memiliki kemampuan dan kapasitas yang dapat membantu berkembangnya bisnis kamu. Ada beberapa penyedia Virtual Office yang sering mengadakan event bagi para klien nya, seperti Uptown Serviced Office. Event yang diadakan ditempat ini ada yang berbayar dan ada pula yang gratis, dan tentunya dengan tema acara yang beragam. Misalnya event untuk pembuatan website untuk pemula, belajar digital marketing, pelaporan pajak perusahaan bagi pemula, karir setelah kuliah, kelas melukis dan lainnya. Selain itu tujuan diadakannya seminar adalah agar pegawai kamu bisa berinteraksi dengan para pengusaha lainnya sehingga memperluas networking dan jiwa entrepreneurship.

Tips memilih harga sewa ruang kantor dan virtual office di Jakarta
i) Security deposit. Ada atau tidak?
Ada beberapa penyedia Virtual Office di Jakarta yang meminta security deposit sebagai jaminan masa sewa. Biasanya bernilai 10 sampai 20% dari pembayaran sewa Virtual Office. Biasanya biaya ini diminta sebagai jaminan kerusakan atau kehilangan, tanda jadi dan lain sebagainya. Meski begitu, agak tidak relevan apabila layanan Virtual Office dikenakan security deposit karena konsep layanan sewa kantor jenis ini tidak berbentuk fisik; jadi tidak mungkin terjadi pengrusakan atau barang hilang. Security deposit lazimnya hanya diberlakukan dalam sewa ruangan kantor yang berbentuk fisik.

Tips memilih harga sewa ruang kantor dan virtual office di Jakarta
j) Dapat membantu dalam hal layanan legalitas?
Penggunaan Virtual Office adalah sebagai alamat legalitas bisnis kamu. Tapi apakah bisnis kamu telah memiliki entitas usaha? Apabila belum, tentu saja kamu lebih baik memiliki entitas usaha karena lebih menguntungkan dari sisi perpajakan. Maka dari itu lebih baik menggunakan entitas badan daripada menggunakan entitas pribadi dalam berbisnis. Apabila kamu tidak sempat dan tidak mau ambil pusing dalam pengurusan legalitas, kamu bisa meminta kepada penyedia layanan Virtual Office, seperti Uptown Serviced Office, dalam hal mengurus pendirian entitas badan kamu, baik itu PT atau CV.

Contoh bantuan layanan legalitas Virtual Office murah di Jakarta Selatan
k) Bisa PKP atau tidak?
Yang terakhir dan perlu diperhatikan adalah pemberi layanan Virtual Office di Jakarta bisa memberikan bantuan PKP atau tidak? Karena sampai dengan awal tahun 2018 kemarin, ada beberapa kantor pajak yang tidak memberikan PKP terhadap permohonan PKP dari pengguna Virtual Office. Setiap permohonan PKP tersebut langsung di tolak (tidak sampai dengan dilakukannya survey PKP). Kamu bisa bertanya kepada penyedia layanan Virtual Office dan meminta konfirmasi atas PKP ini. Pastikan juga apakah kamu dikenakan biaya tambahan atau tidak.

Pengurusan PKP Virtual Office murah di Jakarta Selatan oleh Uptown Serviced Office
Baca juga: Apa itu Virtual Office dan Apa Saja Keuntungannya?
Uptown Serviced Office menyediakan sewa Virtual Office di Jakarta Selatan
Uptown Serviced Office menyediakan layanan Virtual Office di Jakarta yang terjangkau terutama bagi para pengusaha startup atau rintisan dengan harga mulai dari Rp 15.000 per hari atau Rp 2 juta an per tahun (harga promosi). Harga yang kami tawarkan saat ini cukuplah menarik karena berlaku sampai akhir bulan Agustus 2019! Selain harga yang terjangkau, fasilitas yang kami tawarkan tentu saja juga lengkap. Yang dapat membantu produktivitas bisnis kamu seperti di bawah ini:
- Tidak ada security deposit
- Bisa membantu proses PKP (sesuai rekues)
- Rutin menyelenggarakan acara setiap bulannya
- Tersedia juga layanan legalitas
- Bisa membantu dalam hal pendirian PT atau CV
- Dapat akses ke Meeting Room, Pantry, Lounge Area, hingga Co-working Space
- Penerimaan surat dan telepon
- Loker
dan masih banyak lagi

Harga paket sewa kantor dan Virtual Office di Jakarta Selatan
Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.