Di dunia kerja, generasi milenial sering dicap sebagai pribadi yang sering berpindah-pindah tempat kerja atau kutu loncat. Bisa jadi, hal tersebut terjadi karena kesempatan karir di jaman sekarang begitu mudah didapat. Maka mungkin wajar jika tidak sampai setahun, orang-orang tersebut sering pindah dari satu tempat kerja ke tempat kerja lain. Di sisi lain, banyak faktor mengapa seseorang sering pindah, di antaranya karena lingkungan kerja yang kurang nyaman hingga tidak punya teman di tempat kerja. Nah, agar kamu tidak kesulitan berkomunikasi dengan rekan kerjamu, kami akan memberikan tips cara bergaul di lingkungan kerja yang benar dan sopan. Yuk ceks tipsnya dibawah ini.
Cara bergaul di lingkungan kerja
1. Percaya diri
Jika kamu baru saja bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, pasti kamu akan merasa canggung terhadap karyawan lain. Kamu akan menganggap karyawan lain adalah senior yang harus dihormati. Kadang ada rasa canggung yang terus menghantui dalam beberapa hari selama di tempat pekerjaan. Nah, sebaiknya kamu hilangkan semua rasa canggung atau segan terhadap karyawan-karyawan yang terlebih dahulu bekerja di perusahaan kamu saat ini. Tunjukan rasa percaya diri kamu sebagai karyawan seperti yang lain pada umumnya. Justru, jika kamu memperlihatkan rasa malu, maka orang lain pun akan merasa canggung untuk menyapa kamu. Jadi, jangan pernah merasa tidak enak hati saat menjadi karyawan baru di perusahaan.
2. Bijak dalam menggunakan fasilitas
Fasilitas bersama yang sering tersedia di lingkungan kantor, seperti microwave, kulkas, dan mesin kopi sebaiknya digunakan dengan bijak. Contoh sederhananya, kamu harus bertanggung jawab saat menghangatkan makanan yang berbau menyengat di microwave, tidak menyimpan barang terlalu lama dan terlalu banyak di kulkas. Lalu, kalau tanpa sengaja mengambil, merusak atau menumpahkan makanan atau minuman orang lain yang ada di kulkas, tak ada salahnya untuk sekedar menuliskan notes permintaan maaf dan mengganti makanan atau minuman tersebut. Dengan ini, kamu bakal dapat diterima oleh rekan-rekan kantor yang lain di perusahaan tempat kamu bekerja.

10 Cara Bergaul Di Lingkungan Kerja Yang Benar dan Sopan
3. Membantu membersihkan sampah
Tak ada salahnya menyantap makan siang di area meja kerja, namun perlu diperhatikan sampah dan piring kotor yang kamu gunakan. Setiap menggunakan area atau fasilitas tersebut, pastikan kamu selalu membersihkan dan merapikannya kembali. Kembalikan piring dan gelas kotor yang kamu gunakan, rapikan meja dan kursi serta bantal yang kamu gunakan agar teman sekantormu tidak merasa risih dengan kotoran yang berserakan di meja kerjamu. Dengan begini, orang-orang akan lebih terbuka dan menerima kepribadianmu, yakni ikut bertanggung jawab atas kebersihan kantor.
4. Ramah dengan teman sekantor
Entah kamu berada di lingkungan kerja pribadi atau terbuka seperti co-working space, yang terpenting adalah kamu harus selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang bersahabat dan ramah. Hal-hal yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah dengan memulai obrolan dengan rekan kerja, saling bertegur sapa saat sedang makan siang, atau bahkan saat berpapasan di toilet. Meskipun kebutuhan kamu di perusahaan tersebut hanya untuk bekerja, namun tidak ada salahnya untuk berkenalan dengan orang baru untuk memperluas networking kamu.

10 Cara Bergaul Di Lingkungan Kerja Yang Benar dan Sopan
Baca juga: Bekerja di Co-working Space? Pastikan 10 Hal Ini Terlebih Dahulu
5. Hindari membuat kelompok eksklusif di tempat kerja
Tidak masalah bila kamu punya sekelompok teman yang benar-benar dekat di lingkungan kerja. Namun, yang perlu dihindari adalah membuat sebuah kelompok eksklusif dan tidak bergaul dengan orang di luar kelompok tersebut. Menurut The Muse, pertemanan eksklusif bisa membuat kamu repot. Terutama, bila kamu perlu meminta tolong kepada rekan kerja yang berada di luar ‘lingkaran’ itu. Bisa jadi kamu akan merasa canggung atau mereka justru tidak suka berinteraksi karena merasa ‘dikucilkan’ oleh kamu.
6. Berbicara dengan volume yang rendah
Ruang bersama biasanya dijadikan tempat bekerja untuk mencari inspirasi, tempat untuk menyantap makan siang, bersantai, sampai dengan mengobrol dengan rekan kerja yang lain. Namun, bukan berarti hal tersebut membuat kamu lupa untuk menghargai orang lain. Ingatlah kembali bahwa kamu berada di lingkungan kerja, meskipun sudah jam makan siang, namun pasti ada orang di sekitar kamu yang masih berusaha berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jadi, hargailah orang-orang di sekeliling kamu. Usahakan untuk mengobrol dan berbicara dengan volume yang rendah agar tidak mengganggu orang lain.

10 Cara Bergaul Di Lingkungan Kerja Yang Benar dan Sopan
7. Ikut berpartisipasi dalam berbagai acara
Kamu tak akan pernah tau kapan dan di mana kamu akan bertemu orang yang tepat yang bisa membawa dan mengajak kamu ke jalan kesuksesan. Selama kamu memiliki lingkungan kerja yang dipenuhi dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, manfaatkanlah situasi tersebut untuk berpartisipasi dan berkenalan dengan banyak orang. Biasanya, setiap kantor memiliki beragam acara, jangan ragu untuk berpartisipasi untuk memperluas networking kamu, siapa tau, beberapa di antaranya bisa menjadi rekan bisnis di masa depan atau bahkan sekedar menjadi teman yang baik.
8. Jangan gengsi untuk meminta tolong
Kamu pasti pernah mengalami hal kikuk atau canggung saat pertama kali bekerja. Kamu sering bertanya dalam hati, “Apa yang harus saya lakukan. Pekerjaaan apa yang harus pertama kali saya sentuh?” Nah, dari pada pusing memikirkan hal tersebut, lebih baik kamu tanya langsung ke atasan atau teman sebelah kamu. Tugas-tugas apa yang bisa dikerjakan. Jangan sampai kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan. Dengan kamu bertanya langsung kepada orang di sekililing, mereka juga pasti akan membantu dan mengarahkan. Yang namanya teman sekantor, biasanya akan saling membantu agar pekerjaan yang dikerjakan bisa selesai.

10 Cara Bergaul Di Lingkungan Kerja Yang Benar dan Sopan
Baca juga: Co-working Space v Coffee Shop: Mana Yang Lebih Menguntungkan?
9. Beri masukan
Jika kamu merasa sangat nyaman dengan tempat kamu bekerja dan ingin berkembang bersamanya, cobalah untuk memberikan masukan kepada rekan-rekan kerja kamu, baik itu masukan yang negatif atau positif. Misalnya, jika kamu merasa bahwa mesin kopi sering bermasalah, pastikan teman-teman yang lain juga mengetahuinya agar bisa lekas memperbaikinya. Begitu juga jika kamu menyukai playlist yang sering teman kamu putarkan, berikan mereka pujian. Pergaulan di dunia kerja sangatlah menarik dan beragam. Jadi, tugas kita adalah menemukan cara yang tepat untuk bisa berbaur di lingkungan tersebut dan membuatnya menjadi tempat kerja yang paling nyaman setiap hari.
10. Pahami bahwa semua orang berbeda
Penting untuk memahami bahwa setiap orang memiliki karakteristik dan kebutuhan masing-masing. Tidak semua orang nyaman untuk ditanyai mengenai kehidupan mereka, meski ada juga orang yang tidak masalah untuk membagikan ceritanya. Kemudian, ada rekan kerja yang selalu bisa diajak pergi setelah pulang kerja, ada juga yang tidak bisa karena harus memprioritaskan keluarganya. Perbedaan-perbedaan seperti ini sangat wajar terjadi. Sehingga, kita harus pintar dalam menjaga keseimbangan, antara mengejar keinginan pribadi dan menghormati batasan yang dimiliki orang lain

10 Cara Bergaul Di Lingkungan Kerja Yang Benar dan Sopan
Nice blog, Impressive comments that I can tackle. I am transferring forward and can apply to my current job as a pet sitter, which could be very enjoyable, but I must further expand. Kind Regards
Ive got to say, the layout alone made me come back to this blog again. But now that Ive read what youve got to say, Ive got to share it with the world!
Hello, this can be a great blog. Im perpetually on the lookout for websites similar to this. Keep up the nice effort!
I was very pleased to find this website.I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you super bookmarked to check out new stuff you post. Just found an super site
These kind of post are always inspiring and I prefer to read quality content so I happy to discover many first-rate point here in the post, writing is simply huge, thank you for the post