Peran komunitas dalam Bisnis
Insting manusia untuk saling bercerita, bertukar pikiran, pendapat, atau hanya sekedar berbagi telah menjadikan komunitas sebagai kebutuhan dalam bermasyarakat. Tidak cukup hanya berbagi dengan rekan kantor, sahabat atau keluarga, sebagian orang juga rela bergabung dalam komunitas dengan minat tertentu agar bisa meluapkan aspirasi mereka. Termasuk juga dalam kepentingan berbisnis. Komunitas bisnis ini seringkali menjadi wadah bagi mereka untuk bertemu dan bertukar pikiran demi kemajuan bisnis masing-masing. Namun dalam perkembangan teknologi yang serba online ini, apakah kehadiran komunitas masih se-berharga itu. Masih kita cari tau kebenarannya dibawah ini!
1. Komunitas meningkatkan awareness brand bisnis
Siapa sih yang tidak mau usaha bisnisnya dikenal oleh orang – orang yang masuk ke dalam target pasar? Nah disinilah sebuah komunitas memiliki peran penting untuk merek kamu! Sebuah komunitas dapat membantu usaha kamu dalam menjadi “channel marketing” yang mempunyai nilai engagement yang lebih tinggi dibandingkan medium lainnya.
2. Sumber informasi
Jika saat ini kamu mengetahui tren terbaru dari internet atau social media, bisa jadi tren tersebut lahir dan dibesarkan oleh kalangan komunitas terlebih dahulu. Hal inilah yang seringkali dapat membantu sebuah bisnis untuk membuat insight, terlebih saat mereka akan mengembangkan usaha yang sudah ada. Maka dari itu, pihak pemilik bisnis harus aktif dan rajin berinteraksi dalam sebuah komunitas.
3. Komunitas membantu riset
Beberapa merek terkuat di dunia, seperti Nike, Starbucks, Google dan lainnya bahkan membangun strategi pemasarannya lewat komunitas yang dapat dikatakan berbiaya tidak terlalu mahal. Maka dari itu seringkali terjadi sebuah kejadian dimana perusahaan yang pintar mengelola dan berhubungan baik dengan komunitasnya tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk riset pasarnya. Yang terjadi malahan komunitas tersebut secara tidak langsung membantu perusahaan menarik pelanggan baru.
4. Memberikan feedback terbaik
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, sebuah komunitas juga bisa menjadi sumber feedback terbaik untuk bisnis kamu. Apalagi jika bisnis kamu benar-benar memiliki engagement yang sangat tinggi ke sebuah komunitas. Maka kedepannya, mereka tidak akan segan dalam memberikan masukan ataupun saran yang sangat berharga untuk bisnis kamu. Banyak perusahaan besar dalam kancah global bahkan memberikan akses atau fitur terbaru bisnisnya secara exclusif ke sebuah komunitas terlebih dahulu. Untuk apa? Tentunya agar perusahaan mendapatkan feedback yang terbaik dan berkualitas.
Baca juga: Startup Menjamur, Bisnis Co-working Space di Jakarta Tumbuh Subur
5. Peluang meningkatkan loyalitas
Pelanggan kamu butuh untuk dimengerti atau dipahami. Maka, ketika kamu fokus membangun komunitas, berarti kamu siap untuk mendekatkan diri dengan pelanggan dan memahami kebutuhan mereka. Lewat komunitas, pelanggan jadi punya media untuk menyalurkan aspirasi. Mereka merasa diakui dan jadi punya peran. Dari sini kamu punya peluang meningkatkan loyalitas untuk pelanggan kamu. Poin-poin ini merupakan keuntungan komunitas pada bisnis yang kamu jalani. Komunitas menjadi aset bisnis dengan nilai tidak terduga, maka penting bagi kamu untuk membangun komunikasi dengan komunitas demi progres bisnis yang baik.
6. Komunitas bisnis memperkaya wawasan
Dengan adanya sebuah komunitas bisnis, tentunya kamu juga akan mendapatkan wawasan yang belum kamu hadapi sebelumnya. Baik itu tips bisnis cara menjalankan usaha bersama teman atau mungkin bagaimana menjalankan sebuah bisnis yang tidak kamu kuasaai. Dengan wawasan yang beraneka ragam inilah, nantinya kamu dapat berpikir secara matang bagaimana menyelesaikan sebuah masalah. Kamu juga akan semakin tahu bagaimana cara menghadapi karyawan, meraih target perusahaan, dan langkah yang tepat terhadapnya.
7. Komunitas saling bertukar informasi
Dengan begitu terbukanya akses informasi di era digital seperti saat ini, maka dalam sebuah komunitas sangat memungkinkan untuk para anggota untuk saling bertukar informasi secara cepat. Saling memberi informasi terbaru mengenai ide bisnis akan sangat mudah dilakukan. Pertukaran informasi seperti ini memungkinkan teman-teman untuk mendapatkan ide-ide kreatif dalam menjalankan sebuah bisnis. Sederhananya, komunitas akan membantu perusahaan menggali inovasi dan kreasi yang nyata saat perusahaan kamu berada dalam posisi yang stagnan ataupun buntu dalam ide dan kreativitas.
8. Komunitas sebagai Learning Center
Dari komunitas kamu juga bisa belajar banyak, sehingga menjadikan komunitas sebagai “learning center” atau tempat belajar dengan juru-jurus yang ampuh. Sebagai informasi, MailChimp (email marketing service) pada dahulu kala sempat menyediakan kolom khusus untuk para pengguna baru dalam memberikan saran pengembangan produk. Hal ini mereka hadirkan agar perusahaan mereka dapat memenuhi keinginan target pasar dan menutup kekurangan yang diajukan pengguna. Dari contoh tersebut, kamu juga bisa melakukan hal yang sama agar layananmu semakin baik.
Baca juga: Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis Di Era Digital?
9. Komunitas bisnis meningkatkan rasa persaudaraan
Dengan membangun sebuah wadah komunitas, rasa persaudaraan akan semakin tumbuh dan semakin kuat. Apa keuntungan dari tumbuhnya rasa persaudaraan ini? Tentunya ada banyak sekali karena dalam dunia bisnis. Misalnya ketika kita berada dalam kondisi terpuruk misalnya, atau terkena musibah, maka peran sebuah persaudaraan dalam komunitas bisnis akan sangat membantu dalam hal support moral ataupun secara finansial.
10. Komunitas sekaligus relasi bisnis
Komunitas bisnis juga bisa saling memberi manfaat sebagai relasi dan partner bisnis. Dalam sebuah komunitas bisnis tentu ada keterbutuhan terhadap sesuatu, nah manfaatkan peluang tersebut agar perusahaan kamu semakin memperluas jaringan. Semakin besar sebuah komunitas bisnis, maka kemungkinan terhadap munculnya peluang bisnis baru juga akan semakin bertambah.
Is there a way to forward other people’s blog posts to my site?