10 tips bisnis di tahun 2020
Meski masih di pertengahan tahun 2019, tidak ada salahnya kita menyiapkan diri dengan tips bisnis untuk menyambut tahun yang akan datang yakni 2010. Seperti yang kalian mungkin yakini pun hampir semua perusahaan startup atau rintisan pasti sudah merencanakan rencana untuk ekspansi bisnis di tahun 2020. Namun, langkah apa saja yang tepat dilakukan guna menyambut goals di tahun mendatang? Setidaknya tim Uptown Serviced Office sudah punya 10 tips pintar ni yang berguna buat kamu. Yuk simak beberapa langkah konkritnya dibawah ini.
1. Tau tujuan kamu membangun usaha
Dalam merencanakan bisnis di tahun mendatang, hal pertama yang harus kamu tentukan adalah tujuan awal kamu dalam berbisnis. Akan lebih baik jika kamu ingat alasan jelas kenapa kamu ingin menjalankan bisnis pada awalnya. Lalu juga tujuan kamu mendirikan usaha bisnis tersebut. Tujuan yang jelas mengarah pada perencanaan jangka panjang yang lebih matang. Jika kamu masih bingung menentukan tujuan usaha, kamu hanya perlu meluangkan waktu sejenak untuk membayangkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Nah, jika terlintas sebuah jawaban, segera tulis dan tempelkan di depan meja kerja kamu. Tidak perlu menunggu tujuan yang “wow”. Namun lebih baik yang sederhana dan dapat kamu lakukan secara perlahan.
2. Rencanakan bisnis kamu berdasarkan data
Setiap rencana bisnis, baik startup atau enterprise, sebaiknya menggunakan data – data yang telah ada sejak beberapa tahun sebelumnya. Dengan data – data yang ada, kamu dapat membuat sebuah perencanaan yang lebih efektif dan efisien. Dengan melihat data, bisa jadi akan timbul lebih banyak ide baru yang lebih kreatif dan tentunya terukur untuk berbagai keperluan. Mulai dari produksi hingga marketing. Strategi pasar ini biasanya mengacu pada hasil analisis secara teliti terhadap pasar bisnis yang akan kamu jalankan. Rancangan strategi bisnis harus dibuat secara realistis, unik dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan yang sejenis.
3. Buatlah profil perusahaan secara mendetail
Dalam membuat perencanaan bisnis, branding perusahaan adalah hal yang sangat penting. Branding ini dapat dimulai dengan membuat profil perusahaan. Selain berfungsi untuk memasarkan bisnis kamu, keberadaan profil perusahaan merupakan sebuah upaya dalam menghadirkan awareness bagi khalayak mengenai bisnis yang kamu jalankan. Untuk mengundang ketertarikan klien, profil perusahaan pun semestinya dibuat dalam bentuk yang semenarik mungkin. Dan kamu tak perlu khawatir, karena jasa mengemas profil perusahaan pun sudah sangat mudah didapatkan di era digital seperti sekarang ini.
4. Bagi kategori perencanaan
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk membuat perencanaan bisnis yang baik adalah kamu perlu membuat kategori dalam merencanakan masa depan usaha kamu. Hal ini bisa disebut sebagai perencanaan strategis yang termasuk di dalamnya analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) dan PEST (Political, Economic, Social, Technological). Pembuatan kategori ini mempermudah kamu dalam mengenali bisnis sekaligus peluang-peluang yang ada di dalamnya. Poin ini juga dapat membantu kamu menyempurnakan tujuan serta profil perusahaan.
Baca juga: Pebisnis Startup, Jangan Abaikan dan Melebihkan Beberapa Hal Berikut!
5. Temukan pelanggan kamu yang sebenarnya
Kamu sudah harus mulai tahu siapa yang menjadi pelanggan kamu, berapa usia mereka, dan tinggal di daerah mana. Contoh kasus: pelanggan usaha les privat adalah para pelajar. Sedangkan usaha pulsa elektrik pelanggannya mayoritas adalah mereka yang mempunyai handphone. Dengan mengetahui jenis pelanggan, kamu dapat melakukan penyesuaian produk, strategi pemasaran yang pas, dan strategi lain yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan.
6. Buat daftar hambatan ketika bisnis telah berjalan
Buatlah daftar hambatan atau resiko yang mungkin terjadi ketika bisnis telah berjalan. Menuliskan hambatan adalah elemen yang sering diabaikan dalam rencana, padahal ini sama pentingnya dengan membuat proyeksi dan ringkasan keuangan. Setelah menuliskan apa saja faktor penghambat, siapkan strategi dan upaya kamu dalam mengatasi kelemahan tersebut, diskusikan dengan tim bisnis bagaimana cara menghadapinya. Dengan melakukan ini, maka kamu pun akan bisa mengatasi hambatan bisnis yang mungkin terjadi di kemudian hari.
7. Memiliki beberapa dewan penasihat
Dalam berbisnis, dewan direksi berbeda dengan penasihat. Sebaiknya milikilah dewan penasihat atau konsultan bisnis yang paham dengan usaha yang sedang kamu jalankan. Hal ini demi menghindari kebingungan saat mendapat masalah. Penasihat bisnis biasanya akan memberikan masukan dan pendapat yang sangat berguna bagi keberlangsungan dan kesuksesan usaha kamu. Bahkan terkadang mereka juga bisa memberikan ide-ide kreatif dalam mengatasi masalah yang ada.
8. Buat laporan keuangan yang akurat dan mendetail
Laporan keuangan adalah hal yang sangat vital karena memberi kamu data yang akurat tentang untung dan rugi. Di dalam sebuah rencana bisnis seharusnya ada format laporan keuangan yang akurat dan mendetail dan akan lebih baik dengan memberi diagram yang menjelaskan peningkatan atau penurunan penjualan. Laporan keuangan tersebut akan memudahkan kamu menentukan keputusan apakah memperluas usaha atau malah menekan biaya operasional. Jadi, persiapkan format laporan keuangan yang sesuai untuk usaha sampingan kamu.
Baca juga: 26 Tipe Kesalahan Yang Dapat Mematikan Bisnis Startup Di Era Digital
9. Komunikasi ke seluruh tim, rencana bisnis di tahun mendatang
Banyak perusahaan yang hanya menyimpan rencana bisnis pada tahun depan kepada orang – orang tertentu saja. Padahal dalam hal ini, sudah seharusnya seluruh tim perusahaan kamu mengetahui apa saja rencana bisnis kamu kedepannya. Karena dengan mengkomunikasikan rencana bisnis kamu tahun depan sejak dini hari, semua tim kamu juga dapat mempersiapkan diri, mulai dari menyumbangkan ide sampai strategi marketing atau sales yang bisa jadi berguna untuk bisnis kamu di tahun mendatang.
10. Buat goals yang ingin dicapai pada tahun mendatang
Setelah melakukan analisis secara menyeluruh, kamu perlu menyusun rencana bisnis menjadi komponen yang menyeluruh. Mulai dari ulasan deskripsi perusahaan, strategi pemasaran, rencana pengembangan dan manajemen, sampai pembiayaan dan analisa pesaing. Semakin terperinci perencanaan bisnis, maka akan semakin jelas dan efektif. Perencanaan bisnis yang berujung pada goals tertentu tentunya adalah hal yang paling penting dan krusial dalam mengembangkan usaha. Dengan begitu, bisnis kamu mempunyai road map yang jelas dalam 2-5 tahun mendatang.