Private Office di Jakarta?
Private Office adalah ruang kerja pribadi tertutup bagi perusahaan yang membutuhkan privasi dalam bekerja. Idealnya ruangan ini diinginkan oleh perusahaan besar hingga startup (perusahaan rintisan) yang berada di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta. Private Office biasanya juga menyediakan ruangan dengan kapasitas yang paling kecil: 2 orang hingga yang paling besar: 15 orang. Setiap ruangan nantinya akan dilengkapi meja, kursi, filing cabinet, LAN cable atau internet super cepat hingga telepon ruangan. Desain layout setiap ruang kerja dapat dipesan dan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Harga tergantung dengan kapasitas ruangan.
Tren desain Private Office vs Co-working Space
Meski konsep tentang ruang kerja pribadi sering dibanding-bandingkan dengan Co-working Space, nyatanya beberapa tahun terakhir permintaan akan Private Office tetap populer dikalangan perusahaan besar hingga perusahan startup (perusahaan rintisan) yang ingin memiliki ruang privat sendiri dan tidak ingin pekerjaan mereka diganggu oleh apapun. Meski begitu, furnitur yang digunakan harus modern dan mampu membuat ruangan lebih hidup dan menyenangkan bagi semua karyawan untuk bekerja di sana. Suasana kantor pun harus dibuat lebih energik dan menyenangkan bagi proses bekerja karyawan.
Nilai lebih dari Private Office
1. Lokasi yang strategis dan gampang ditemukan
Sembarangan memilih tempat untuk mengerjakan tugas akan membuat sistem kerja menjadi lamban. Sebab itulah pilih penyedia Private Office yang letaknya berada di pusat kota agar mudah diakses menggunakan berbagai jenis transportasi. Contohnya adalah Uptown Serviced Office yang berlokasi di tengah distrik bisnis Jakarta Selatan yang sangat ramai. Janjian dengan rekan kerja akan lebih mudah karena tempatnya sangat gampang ditemukan.
2. Privasi karyawan
Privasi merupakan salah satu keuntungan terbesar jika perusahaan menggunakan Private Office. Hal ini memungkinkan karyawan untuk memiliki tempat dan area kerja mereka tersendiri di mana mereka bisa berpikir dan bekerja tanpa gangguan apapun. Selain itu karyawan juga bisa menerima telepon atau mengerjakan proyek dan tugas penting tanpa diketahui orang banyak.
3. Kerja bebas gangguan
Desain dengan tata ruang kerja tertutup ini juga menyediakan ruang kerja yang bebas gangguan untuk karyawan di mana mereka dapat bekerja tanpa terganggu oleh apapun. Hal ini membuat karyawan dapat lebih fokus bekerja dan meningkatkan produktivitas.
4. Meningkatkan kreativitas
Hasil karya yang orisinil dan kreatif kiranya membutuhkan lingkungan yang damai dan tenang. Oleh sebab itu, karyawan yang bekerja di departemen kreatif membutuhkan lingkungan kerja yang hening dan tenang sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan dan dapat memberikan hasil terbaik.
5. Fasilitas yang lengkap
Bekerja akan lebih maksimal jika memperoleh dukungan fasilitas yang lengkap. Dengan menyewa ruang kantor seperti Private Office, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan akses berupa internet berkecepatan tinggi, mesin fotocopy, area pantry dan asupan gratis seperti air mineral, teh, kopi, hingga snack ringan. Suasana kerja akan semakin nyaman karena semua yang diperlukan dapat diperoleh dengan mudah disini.
6. Hirarki yang jelas
Urutan jabatan atau status karyawan di kantor akan terbaca dengan jelas jika kantor didesain dengan tata ruang kerja tertutup. Umumnya semakin tinggi posisi seseorang, maka akan semakin bagus dan khusus ruangan orang tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah ruang tertutup untuk atasan.
7. Persaingan sehat
Ruangan kerja yang lebih bagus dan khusus membuat setiap karyawan bersaing dengan sehat untuk mendapat posisi atau jabatan tinggi agar bisa memiliki ruangan tersebut.
8. Harga penyewaan yang fleksibel
Bagi pemilik industri startup yang masih baru pastinya akan kesulitan mendapatkan tempat kerja atau kantor yang murah. Belum lagi harus membeli peralatan yang harganya cukup mahal. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa Private Office di serviced office seperti Uptown. Selain tempo penyewaan fleksibel dalam hitungan bulan, tidak perlu membeli peralatan dan perlengkapan kerja karena semuanya tersedia disini.
9. Tidak banyak gosip
Pada tata ruang kerja terbuka atau Co-working Space, ada besar kemungkinan banyak karyawan mengobrol dan bergosip lebih tinggi karena mereka dapat dengan mudah bertatap muka satu dengan yang lain. Namun hal ini tampaknya bisa dikurangi apabila karyawan ditempatkan pada ruang kerja tertutup atau Private Office.
10. Sehat untuk karyawan
Desain ruang kantor jenis ini kiranya juga bisa memberikan jaminan kesehatan yang lebih tinggi untuk karyawan. Pasalnya ruangan tertutup akan melindungi karyawan, misalnya dari rekan kerja yang sedang sakit menular seperti flu, batuk, dan lainnya.
11. Meningkatkan konsentrasi
Konsentrasi karyawan akan meningkat dan lebih terfokus jika mereka bekerja di ruangan tertutup atau Private Office karena jauh dari gangguan.
12. Produktivitas meningkat
Dengan memiliki ruangan pribadi dan tertutup, karyawan dapat bekerja dengan pikiran yang lebih bebas dan terbuka sehingga mampu meningkatkan produktivitas mereka dengan cara berkonsentrasi lebih baik.
13. Meningkatkan pemasukan perusahaan
Setelah produktivitas karyawan meningkat, maka otomatis upah mereka bisa meningkat berikut dengan pendapatan perusahaan secara bersamaan. Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk memberikan fasilitas kerja yang lebih baik untuk karyawan.
14. Mengurangi kebisingan
Karena karyawan memiliki ruangannya masing-masing, maka polusi udara di lingkungan kantor akan berkurang. Orang akan berkomunikasi di area mereka sendiri tanpa mengganggu orang lain.
15. Lebih aman bagi karyawan
Ruangan tertutup pribadi atau Private Office akan membuat setiap karyawan merasa lebih aman dalam privasi mereka sendiri. Hal ini berlaku pada kenyamanan barang-barang yang dimiliki karyawan atau dokumen yang dirahasiakan perusahaan.
16. Setiap karyawan bekerja dengan gaya masing-masing
Karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cara dan gaya masing-masing. Mereka juga bisa mengatur hal-hal yang mereka suka maupun tidak. Cara ini mendorong karyawan mampu berkonsentrasi pada pekerjaannya dan memberikan hasil yang lebih baik.
17. Lingkungan sehat di kantor
Karena jauh berkurangnya gosip dan interaksi antar karyawan, maka lingkungan kantor menjadi lebih formal dan tepat untuk bekerja.
Sisi negatif dari Private Office
1. Sulit mengawasi karyawan
Setiap nilai positif yang ditawarkan pasti memiliki sisi negatif. Hal pertama yang perlu diketahui adalah pemborosan waktu. Contoh yang biasa terlihat: manajer atau pemilik perusahaan harus berpindah dari satu meja kerja ke meja kerja lainnya untuk mengawasi karyawan.
2. Kurangnya komunikasi antar rekan kerja
Komunikasi antar karyawan dan rekan kerja akan sangat berkurang jika perusahaan menempati mereka pada Private Office. Hal ini dikarenakan posisi tempat kerja yang kurang memungkinkan untuk saling berbicara dan bertatap muka. Karyawan hanya bisa berkomunikasi satu sama lain jika berada di satu ruang terbuka seperti lounge dan pantry. Jadi bisa dikatakan; ada kesenjangan komunikasi antara karyawan.
3. Lebih mahal untuk dibangun
Desain ruang kerja tertutup atau Private Office kiranya membutuhkan lebih banyak infrastruktur dibandingkan dengan tata ruang terbuka atau Co-working Space termasuk biaya pembangunannya. Kuantitas bahan baku kayu, batu bata, besi, peralatan dan fasilitas juga akan lebih banyak dibutuhkan.
4. Ada kemungkinan menurunnya produktivitas karyawan
Private Office untuk karyawan terkadang disalahgunakan mengingat tidak adanya pengawasan ketat dari penyedia serviced office atau atasan. Hal ini kadang bisa menyebabkan kebisingan atau menurunnya produktivitas yang kemudian akan merugikan perusahaan.
5. Membutuhkan lebih banyak ruang
Penggunaan Private Office untuk perusahaan besar dan startup (perusahaan rintisan) kiranya bakal mempengaruhi jumlah karyawan yang dipekerjakan. Dibandingkan dengan desain tata ruang terbuka atau Co-working Space, jenis ruangan kantor ini akan membuat perusahaan hanya bisa mempekerjakan beberapa karyawan saja karena keterbatasan ruangan yang ada.
6. Karyawan dapat berperilaku negatif
Terkadang, karyawan mengambil keuntungan dari konsep layout ini dengan berani melakukan perilaku negatif. Misalnya saja menggunakan peralatan atau fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, atau bahkan melakukan romansa di kantor. Hal ini dapat mengganggu lingkungan kerja di kantor dan karyawan lainnya.
7. Kemungkinan tidak adanya alur kerja
Konsep desain ruang kerja pribadi ini mengharuskan karyawan saling berkomunikasi dengan cara berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Ketika mereka sedang terburu-buru, terdapat kemungkinan karyawan meninggalkan arus kerja atau SOP tertentu sehingga mengganggu alur kerja yang sesungguhnya.
8. Kemungkinan tidak semua karyawan menerima informasi
Karena setiap karyawan berada di ruang kerja masing-masing, maka terdapat kemungkinan ada informasi yang belum atau tidak diterima oleh beberapa karyawan dari beberapa perusahaan. Dalam hal ini, penyedia serviced office seperti Uptown membutuhkan frontdesk yang menghubungkan mereka/ penyewa ruangan kantor.
9. Kurangnya rasa kesatuan antar penyewa ruangan
Mengingat tidak adanya komunikasi antara karyawan, maka tidak ada pula hubungan dekat dan persatuan diantara mereka. Ini merupakan kelemahan yang dapat memperlambat perkembangan perusahaan.
10. Tingkat kemalasan karyawan meningkat
Karena setiap karyawan merasa bebas di ruangannya sendiri, ada kemungkinan mereka terdistraksi dari kerjaan dan malas bekerja karena tahu tidak ada pengawasan secara langsung. Aspek negatif ini kemudian berhubungan langsung dengan produktivitas mereka.
11. Tidak adanya faktor emosional antar karyawan
Sebagai makhluk sosial, setiap manusia membutuhkan dukungan moral untuk bisa mencapai tujuan mereka. Ada kecenderungan manusia untuk bergantung pada orang lain dalam beberapa alasan. Namun faktor ini akan hilang apabila menggunakan Private Office karena kurangnya komunikasi antar karyawan.
Sewa Private Office di Uptown Serviced Office
Di Uptown Serviced Office semua pekerja dapat melakukan aktivitas dengan santai disertai dengan fasilitas yang super lengkap. Fasilitas yang diberikan diantaranyai internet super cepat, printer, mesin fotocopy, akses ke area pantry untuk air mineral, kopi, teh hingga snack. Selain fasilitas tersebut, akses untuk menuju tempat ini pun mudah karena berada di tengah-tengah pusat bisnis Jakarta Selatan, tepatnya Lingkar Mega Kuningan. Tempat ini juga buka selama 24 jam nonstop sehingga tenant bebas menentukan jam kerjanya sendiri. Biaya yang ditawarkan juga cukup terjangkau, tinggal pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan; bisa dibayar bulanan atau tahunan. Hampir sebagian besar tenant pun merasa puas bisa bekerja di area Private Office dan Co-working Space. Jika ingin mendaftar sebagai tenant serta mendapatkan informasi yang lebih lengkap, bisa menghubungi alamat email kami di welcome@uptown.id atau nomor telepon 021-5082 3400 / 021-5082 3401