Serviced Office di Jakarta Selatan
Perkembangan dunia kewirausahaan menunjukkan peningkatan yang begitu pesat beberapa tahun belakangan, terutama di daerah Jakarta Selatan. Hal ini mendorong naiknya kebutuhan terhadap ruang kerja terutama di daerah pusat bisnis yang aktivitas ekonominya tinggi. Namun, besarnya modal yang diperlukan untuk membangun ruang kerja pun membuat sebagian besar pelaku usaha pemula lebih memilih menggunakan Serviced Office karena dapat disewa dalam jangka waktu tertentu.
Mengenal layanan Serviced Office
Sebelum layanan Serviced Office mulai dikenal luas seperti sekarang para pemilik perusahaan besar dan startup (rintisan) lebih dulu kenal dengan layanan Virtual Office. Meski keduanya sama-sama merupakan layanan penyewaan ruang kantor namun tetap ada perbedaan yang khas yang bisa dilihat sebagai pertimbangan. Layanan Virtual Office sebatas menyewa nama gedung dan alamat jalan gedung perkantoran tersebut. Ketika dibutuhkan maka sang penyewa bisa menggunakan layanan tambahan selama beberapa jam, misalnya meeting room untuk bertemu klien atau urusan lain serta event space untuk kegiatan perusahaan yang berskala kecil hingga medium.
Sedangkan Serviced Office lebih bersifat keseluruhan, dimana Anda bisa menyewa seisi kantor beserta fasilitas pendukung. seperti ruang rapat, ruang konferensi, fasilitas telekomunikasi, fasilitas keamanan, dan berbagai furniture pendukungnya. Namun semuanya sebatas pada ruang kantor, bukan satu gedung dimana ruang kantor tersebut berada. Menimbang penggunaan layanan Serviced Office di Jakarta Selatan tentu sangat tepat untuk dilakukan mengingat hingga kini masih menjadi komoditas yang dicari oleh kalangan pengusaha.
Nah bagi para pemilik usaha yang memang sedang berpikir untuk sewa kantor namun tersendat masalah modal, Anda mungkin bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut terutama kelebihan dan kekurangan Serviced Office dibandingkan kantor biasa atau Virtual Office:
Kelebihan dalam memakai Serviced Office
1. Efisiensi biaya dan waktu
Penggunaan Serviced Office dapat membantu menekan tingginya modal awal usaha, sehingga anggaran modal awal usaha dapat dialihkan untuk pengembangan bisnis. Selain itu, Anda juga tidak perlu membeli atau membangun gedung perusahaan atau sewa ruang kerja di ruko untuk kebutuhan waktu yang lama. Anda hanya perlu memilih lokasi Serviced Office yang sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan, dan target pasar usaha yang akan Anda tekuni.
2. Fleksibilitas penyewaan
Penyedia layanan Serviced Office biasanya menawarkan biaya sewa yang fleksibel (bisa bulanan) namun berdasarkan perjanjian atau peraturan yang telah disetujui oleh pihak pengelola dan penyewa. Penyewaan ini tentu dapat Anda sesuaikan dengan budget dan ukuran ruang usaha yang Anda butuhkan.
3. Fasilitas relatif lengkap
Penyewaan Serviced Office biasanya sudah menyediakan perabotan lengkap (full furnished) jadi Anda tidak perlu lagi membeli perabotan untuk aset perusahaan ataupun menyediakan dana pengelolaan. Bagi pengusaha pemula yang memulai bisnis dengan jumlah pegawai yang relatif masih sedikit, Serviced Office juga menyediakan ruangan dengan kapasitas yang sesuai sehingga biaya operasional Anda lebih efisien. Tidak hanya itu, biasanya Serviced Office juga sudah termasuk layanan ruang rapat, ruang konferensi, fasilitas telekomunikasi, fasilitas keamanan, jaringan internet, resepsionis, serta cleaning service. Jadi, Anda tidak perlu lagi menambah biaya atau pegawai untuk fungsi teknis ruangan atau maintenance.
4. Pemeliharaan
Pemeliharaan Serviced Office bukan menjadi tanggung jawab penyewa, tetapi bagian dari layanan yang diberikan oleh pengelola. Pengelola Serviced Office biasanya juga menyediakan layanan jasa cleaning service yang dapat Anda gunakan untuk pemeliharaan kebersihan unit Serviced Office yang Anda sewa.
5. Sumber daya pendukung
Penyedia Serviced Office biasanya juga menyediakan layanan tambahan dan tenaga kerja pendukung yang dapat membantu pelaksanaan usaha Anda. Layanan seperti meeting room atau event space yang tidak selalu dibutuhkan setiap saat namun sering sekali dibutuhkan untuk program kerja ataupun kebutuhan special lain sudah disediakan di tempat yang sama dengan lokasi Serviced Office perusahaan. Anda juga bisa menekan biaya tenaga kebersihan, receptionist, dan support staff lainnya.
6. Alamat bergengsi
Umumnya gedung penyedia layanan Serviced Office berada dikawasan elit dengan desain yang modern. Menggunakan alamat Serviced Office seperti ini akan membuat perusahaan Anda terkesan lebih bergengsi, sehingga persepsi masyarakat juga lebih baik. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan citra perusahaan Anda bagi calon konsumen atau sasaran usaha.
7. Ruang kantor bisa langsung digunakan
Layanan satu ini tak hanya memberikan sebuah ruang kantor saja namun juga lengkap dengan furniturenya. Maka perlu teliti dalam memilih untuk memastikan mendapatkan furniture terbaik dan fungsional. Sehingga keuntungan menarik dari penggunaan layanan sewa kantor ini adalah ruangan bisa langsung digunakan.
8. Memiliki kantor dengan fasilitas terbaik
Secara umum layanan Serviced Office akan menyediakan sebuah ruang kantor modern. Ditunjang furniture terkini dan memberi rasa nyaman serta suasana kerja yang mendukung. Sebagai tambahan nanti penyewa juga bisa mendapatkan fasilitas di dalam gedung kantor tersebut. Mulai dari loby, area parkir gratis dan luas, dan lain sebagainya.
9. Mempermudah membangun image positif
Memiliki perusahaan tentu penting untuk membangun kepercayaan pada target pasar dan masyarakat luas. Bagaimana caranya? Bisa dengan menyediakan produk maupun jasa dengan kualitas terbaik. Bisa pula dengan memiliki kantor yang memang tampil profesional. Tidak perlu membeli ruko ataupun menyewa ruko sebab dijamin mahal.
10. Masa berlaku yang lebih panjang
Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) yang bertempat di Virtual Office hanya berlaku untuk 1 Tahun sehingga perusahaan harus memperpanjang perizinan domisili setiap tahunnya. Dengan menggunakan Serviced Office, SKDP perusahan berlaku untuk 5 tahun. Pengusaha bisa lebih fokus untuk meningkatkan bisnis dan tidak perlu mengurus perizinan perusahaan setiap tahunnya
11. Bidang usaha yang dipilih bisa lebih luas
Beberapa bidang usaha tertentu membutuhkan perusahaan untuk memiliki alamat domisili fisik untuk bisa berjalan secara legal. Bidang usaha seperti perdagangan eceran, jual-beli online (e-commerce) ataupun bidang seperti konstruksi dan pertambangan melarang perusahaan menggunakan virtual office sebagai alamat domisili. Jika menggunakan Serviced Office, hal ini tidak perlu Anda khawatirkan dan bisnis tetap bisa berjalan.
Kekurangan dalam memakai Serviced Office
Disisi lain, penggunaan Serviced Office tentu juga memiliki beberapa kerugian, yaitu
a. Serviced Office sepenuhnya milik pihak pengelola, sehingga ada batasan-batasan yang harus Anda patuhi dalam melakukan segala aktivitas selama menggunakan layanan tersebut.
b. Biaya operasional yang dikeluarkan sangat tergantung dari besarnya penggunaan layanan Serviced Office yang digunakan selama periode tertentu, sehingga pemilik usaha harus mengontrol pengelolaan keuangan dengan hati-hati.
c. Kemandirian perusahaan menjadi lebih rendah karena berbagai fasilitas dan layanan telah tersedia. Ada kemungkinan kompetisi atau hubungan yang tidak sehat antar penyewa Serviced Office, terutama jika bidang usaha yang ditekuni sama.
Uptown Serviced Office untuk kebutuhan perusahaan Anda
Uptown Serviced Office dapat membantu Anda dan memberikan solusi bagi keperluan usaha atau bisnis Anda. Beberapa layanan kami meliputi penyedian Private Office, Shared Office, Co-working Space, Virtual Office, Event Space, Meeting Room hingga bantuan dalam mengurus legalitas usaha. Jika Anda tertarik, segera hubungi kami melalui email di alamat welcome@uptown.id atau nomor telepon 021-5082 3400 / 021-5082 3401.