Co-working Space adalah?
Co-working Space adalah ruang kerja baru dimana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan atau organisasi yang berbeda di satu tempat. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Brad Neuberg asal Amerika Serikat pada awal era tahun 2000 dan merujuk pada ruang kerja bersama, yang menjadi tempat para individu dari berbagai latar profesi untuk berbagi tempat dalam bekerja. Berbeda dengan kantor pada umumnya, Co-working Space pun selalu mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan bisa terdapat berbagai freelancer, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up. Biasanya mereka berkumpul dalam satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan.
Fenomena Co-working Space di Indonesia
Industri Co-working Space di Asia Tenggara tumbuh sekitar 15% pada tahun 2017. Peluangnya di Indonesia saat ini menurut penggiat industri, seperti Uptown Serviced Office masih akan terus menanjak, terutama di kota-kota besar ataupun di daerah sekitarnya. Adapun permintaan ini akan terus naik lancaran berhasil hadir sebagai alternatif dari ruang di gedung perkantoran yang harganya relatif lebih mahal dan sulit diperoleh. Selain itu, semakin banyak bisnis start-up dan freelance job pun membuat ruang kerja baru ini makin dinikmati setiap tahunnya.
Apa manfaat Co-working Space?
Ada keuntungan yang didapatkan dalam berbisnis saat menggunakan Co-working Space saat ini, yaitu jejaring dan kolaborasi. Dengan adanya Co-working Space sebagai tempat enterpreneurs dan startups berkumpul, para pengusaha ini akan memiliki lebih banyak kenalan yang bisa dijadikan rekan bisnis, klien, ataupun teman diskusi. Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih pesat karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang didapatkan dari lingkungan kerja yang aktif.
Tidak hanya itu, Co-working Space juga menjadi jawaban atas permasalahan biaya operasional gedung yang terus meningkat. Karena ruang kantor sudah disediakan oleh penyedia Co-working Space, pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furnitur seperti kursi dan meja, membayar internet super cepat, ataupun mempekerjakan resepsionis, pembersih hingga keamanan. Pengguna bisa langsung bekerja dan operasional kantor tidak lagi menjadi beban pikiran Anda.
Di sisi lain, harga sewa untuk Co-working Space seringkali dihadirkan secara fleksibel dan harga paketnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pengelola seperti Uptown Serviced Office pun punya beberapa paket dengan periode sewa beragam, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Anda pun bebas menyewa ruang kerja untuk berapa lama. Butuh suasana baru? Cukup hentikan masa berlangganan Anda di Co-working Space yang lama. Kemudian, segera temukan tempat baru dengan suasana dan lingkungan kerja yang lebih cocok untuk Anda.
Terakhir, pengelola Co-working Space pun akan sering mengadakan acara seperti workshop atau seminar pada waktu tertentu. Biasanya, tema yang diusung adalah seputar mengelola bisnis startup, mencari investor yang tepat, pengembangan produk, hingga pentingnya mengurus izin usaha resmi. Selain menjadi sarana bersosialisasi dengan sesama penggiat startup, Anda juga dapat melakukan promosi produk atau layanan startup. Tentu ini membuka peluang Anda dalam menjaring calon pelanggan atau mitra kerja baru.
Kekurangan dari Co-working Space
Kekurangan paling utama yang bisa dirasakan saat bekerja di Co-working Space adalah distraksi pada daerah privasi. Jika Anda sedang butuh privasi ekstra, alih-alih duduk di meja besar bersama pekerja lain, coba sewa meja di sudut ruangan atau ruang tertutup. Jadi, pastikan ruang kerja bersama yang hendak Anda tuju memiliki fasilitas tersebut.
Selain itu, orang yang duduk di sebelah Anda pun bisa jadi seorang kompetitor dari bisnis startup Anda. Hal ini bukan mustahil mengingat Co-working Space adalah tempat berkumpul para penggiat startup, Agar mereka tidak mencuri hasil diskusi atau ide brilian Anda, menyewa ruang meeting tertutup bisa jadi opsi paling bijak untuk menghadapi hal ini.
Buat Anda dan tim yang terbiasa meeting kapan saja dan di mana saja harap-harap khawatir dengan jam kerja penyedia Co-working Space. Hal ini dikarenakan kebanyakan penyedia ruang kerja bersama ini mengikuti jam kantor atau paling malam sampai pukul 22.00. Bagi Anda yang menganut jam kerja fleksibel, membatasi jam kerja dengan mengikuti jam operasional Co-working Space mungkin dirasa tidak sesuai.
Terakhir, sekalipun desain ruang kerja bersama yang Anda sewa begitu keren, kekinian, dan nyaman, pasti ada keinginan untuk memberikan sentuhan personal pada area kerja Anda. Sayangnya, hal ini nyaris tidak mungkin terjadi jika Anda menggunakan Co-working Space. Anda hanya bisa memanfaatkan apa yang sudah ada, tanpa bisa memodifikasi desain ruangan lebih jauh.
Fasilitas Co-working Space
Penyedia Co-working Space biasanya sudah menyediakan fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat bekerja yang nyaman, seperti koneksi internet, layanan fotokopi, pencetakan dokumen, Meeting Room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta free flow refreshment seperti air mineral, teh, dan kopi. Pengguna juga akan dibantu oleh resepsionis profesional untuk penerimaan surat dan paket yang masuk. Di Uptown Serviced Office malah menyediakan layar LCD TV di area lobi sebagai penanda pengisi kantor perusahaan, Virtual Office untuk keperluan legalitas dan juga Event Space untuk kegiatan pendukung.
Siapa saja yang cocok menggunakan Co-working Space?
Co-working Space ditawarkan sebagai solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Layanan ruang kerja ini sering kali digunakan oleh individu, perusahaan, profesional, penggiat startup, komunitas, dan freelancer atau pekerja lepas. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari Co-working Space ini untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis.
Jika Anda sedang mencari penyedia Co-working Space bergengsi yang menempati lokasi strategis di Jakarta Selatan, maka Uptown Serviced Office adalah pilihan paling tepat. Berlokasi di Plaza Mutiara Lantai 8 Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung, Lingkar Mega Kuningan, tersedia beragam paket dengan dukungan fasilitas lengkap yang dapat Anda manfaatkan setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.30. Selain Co-working Space, Uptown Serviced Office juga menyediakan layanan Private Office, Shared Office, Virtual Office, Event Space dan Meeting Room.
Mengapa Anda harus memilih Uptown Serviced Office daripada penyedia Co-working Space lainnya?
Kolaborasi
Uptown Serviced Office mengusung konsep perkantoran unik di Jakarta Selatan yang memberikan akses bagi para pelaku industri kreatif dan konvensional untuk saling bertemu dalam satu ruang kerja bersama. Tidak hanya bertemu, Anda juga dapat berbagi ide bisnis dan membangun jaringan dengan sesama penggiat startup atau pengusaha konvensional lainnya. Maka, kesempatan untuk bersinergi dan membuat kolaborasi bisnis pun terbuka lebar.
Fleksibel
Bekerja di Uptown Serviced Office membuat Anda leluasa mengatur waktu untuk bekerja dan kehidupan pribadi. Dengan tercapainya work life balance, kualitas hidup Anda lebih baik dan bisnis pun berkembang maju.
Harga Terjangkau
Menyewa Co-working Space di Uptown Serviced Office tidak akan membebani biaya operasional perusahaan Anda karena tersedia beragam paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda cukup membayar apa yang Anda butuhkan dan mengalihkan dana operasional tersebut ke pengembangan bisnis Anda.