Memasuki tempat kerja yang baru berarti kamu harus siap dengan segala perubahan iklim kerja, lingkungan pertemanan, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, serta kemungkinan akan tantangan baru. Di hari pertama bekerja, siapa pun akan merasa khawatir dan tentunya cemas. Terkadang juga bisa grogi karena belum mengenal suasana di dalam kantor. Nah, disini kemampuan beradaptasi kamu akan diuji. Semakin cepat kamu beradaptasi, semakin cepat pula kamu bekerja secara maksimal. Berikut kami hadirkan 15 cara beradaptasi di lingkungan kerja baru yang bisa kamu praktekan di lapangan. Selamat mencoba!
1. Jangan membawa pengaruh buruk dari lingkungan lama
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah hindari pengaruh buruk dari lingkungan lama, seperti dendam, kesal atau yang sejenisnya. Biasanya ketika kamu pindah ke lingkungn kerja yang baru seringkali orang membawa sikap, kebiasaan dan sejenisnya ke lingkungan yang baru dan hal tersebut jelas mengganggu. Sehingga pastikan kamu benar-benar menghapus memori buruk dan kebiasaan buruk kamu dan rubah dengan hal yang baru dan lebih positif.
2. Fokuskan perhatian saat proses perkenalan
Tentunya sebagai karyawan baru, kamu akan mendapatkan bimbingan dari tim HRD yang membantu kamu di minggu-minggu pertama saat bekerja. Selama minggu perkenalan ini, tentunya kamu akan dikenalkan dengan berbagai info yang berhubungan dengan internal perusahaan. Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk mengenalkan sisi baik dari perusahaan serta membuat karyawan baru familiar dengan kultur, regulasi, gaya kerja, dan departemen yang ada. Selama di minggu-minggu perkenalan ini, alih perhatian kamu dan tanyakan kepada atasan atau HRD apabila ada hal-hal yang sekiranya kurang jelas di saat kamu mulai bekerja. Agar kedepannya tidak ada lagi hal yang mengganjal.
3. Tenang dan observasi sekitar
Menjadi newbie di kantor baru terkadang membuat kamu sangat rentan menjadi antusias berlebihan. Walaupun hal ini sebenarnya cukup normal karena dengan memasuki lingkungan baru, kamu ingin dikenal oleh orang sekeliling. Namun, dengan antusiasme seperti itu, kamu bisa jadi dinilai berlebihan dan terlalu banyak bicara. Untuk itu, sangat penting jika kamu mengamati daripada menunjukan antusiasme. Daripada terus berbicara, lebih baik mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin, berkualitas dan selesai dalam waktu cepat.
4. Bicara dengan volume yang sama
Untuk beradaptasi di tempat kerja baru, cobalah untuk berbicara dengan volume yang sama dengan keadaan sekeliling kamu. Jika di tempat kerja yang baru orang-orang berbicara dengan suara pelan karena tuntutan pekerjaan, jangan sekali-kali mencoba berteriak atau bersuara keras. Sebaliknya, jika di tempat kerja kamu orang-orang memerlukan volume tinggi agar dapat dimengerti dan didengar rekan kerja, maka jangan bersuara dengan lemah lembut. Perhatikan situasinya, volume suara adalah salah satu hal yang dapat kamu kontrol besar kecilnya.
Baca juga: Tipe Tipe Office Space Yang Ada di Uptown Serviced Office
5. Bangun kesempatan menjalin pertemanan
Untuk dapat mengenal dan dikenal sesama rekan kerja, kamu tidak dapat duduk diam dan menunggu ditanya oleh orang lain. Jamu memerlukan persiapan dengan mencari sebanyak-banyaknya bahan obrolan yang dapat digunakan untuk membangun hubungan pertemanan baru sehingga berhasil beradaptasi di perusahaan baru. Perhatikan berita apa saja yang sedang terjadi di negeri ini atau bahkan di luar negeri, makanan apa yang kira-kira sedang banyak dibicarakan orang, isu apa yang sedang hangat, bahkan sesederhana hobi, film favorit, dan lagu favorit pun dapat membantu kamu memulai membangun pertemanan sehat.
6. Bersikap sopan kepada semua orang
Jangan terlalu merasa minder saat berpapasan dengan bos atau manajer kamu. Sapalah dengan sopan sambil sedikit berbasa-basi. Juga bersikap sopan terhadap semua orang baru yang kamu temui, paling tidak jika berpapasan, jangan buang muka dan usahakan berikan senyuman terbaik kamu. Di hari pertama bekerja, jika tidak ada seorang pun yang mengajak kamu makan siang, cobalah untuk bertanya pada karyawan yang sudah lama bekerja, kira-kira di mana tempat makan siang yang paling nyaman. Dengan bersikap sopan terhadap semua orang, peluang kamu meraih hubungan baik dengan rekan kerja pun meningkat.
7. Pelajari perusahaan sedetail mungkin
Suatu perusahaan dengan berbagai macam orang yang terdapat di dalamnya tentu menuntut kamu sebagai salah satunya untuk secepat mungkin beradaptasi. Bukan tanpa alasan kamu dituntut cepat beradaptasi, karena dengan bisa melakukan hal tersebut kamu akan bisa mendapatkan sesuatu yang membuat kenyamanan lebih dalam bekerja. Detail perusahaan kamu kuasai, berarti membuka jalanmu untuk berkembang alias mendapatkan promosi jabatan lebih. Tentunya itu yang diharapkan dari setiap karyawan dalam suatu perusahaan.
8. Ketahui keinginan atasan
Untuk bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang baru, jelas kamu akan terlibat dengan atasan dibandingkan dengan dengan teman kerja pertama kalinya. Mereka yang memberi arahan, pekerjaan, job desk, dan lain sebagainya. Jelas karena itu kamu harus bisa mengetahui keinginan atasan kamu secara langsung. Jangan sampai membuat mereka merasa menyesal karena telah memilih kamu untuk menjadi karyawan selanjutnya.
Baca juga: 10 Kiat Memilih Serviced Office Di Jakarta Yang Terbaik
9. Jangan sombong dan bukalah diri kamu
Saat bekerja di lingkungan kerja yang baru, kamu mungkin akan dihadapkan kepada hal-hal yang juga baru. Jangan sombong, dan bukalah diri kamu terhadap hal-hal baru tersebut. Ini akan menjadi cara kamu melakukan adaptasi terhadap lingkungan kerja baru kamu. Proses ini, jika dilakukan dengan benar tentunya akan terasa menyenangkan. Dengan mau membuka diri dan mau belajar terhadap hal-hal baru, ini akan menjadi sebuah proses adaptasi yang memiliki banyak manfaat. Selain mendapatkan pengetahuan baru, kamu juga bisa cepat beradaptasi terhadap budaya di tempat kerja.
10. Tunjukkan jika sosokmu menyenangkan
Sebelum memulai pekerjaan di lingkungan kerja yang baru, biasanya kamu dipersilakan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada rekan-rekan kerja kamu yang baru. Ini jadi proses adaptasi pertama kamu. Tunjukkanlah bahwa kamu adalah sosok yang menyenangkan. Tunjukkan juga bahwa jamu adalah sosok yang mau belajar dan bisa diajak bekerjasama.
11. Hindari komplain
Selama minggu-minggu pertama kamu bekerja di tempat baru, pasti ada-ada saja yang membuat tidak nyaman, sehingga mungkin kamu membanding-bandingkannya dengan perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Apa pun itu sebaiknya kamu simpan dahulu beberapa saat. Menjadi karyawan baru berarti kamu belum punya ruang untuk komplain dan sebaiknya kamu tidak terjebak dengan suasana tidak nyaman. Lebih baik pikirkan hal-hal yang lebih baik dari kantor kamu sebelumnya.
12. Jauhkan sifat dan sikap yang negatif selama bekerja
Salah satu contoh kecil yang bisa merusak pola kerja kamu di lingungan kerja baru adalah kebiasaan menggosip atau membicarakan keburukan orang lain. Jika hal tersebut kamu miliki selama ini, sebaiknya segera singkirkan agar kamu bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja. Lingkup lain yang termasuk dalam sifat dan sikap negatif adalah berbicara kurang sopan, berpakaian tidak sesuai tempatnya dan masih banyak lain sebagainya.
Baca juga: Serviced Office di Jakarta Selatan, Kelebihan dan Kekurangannya?
13. Atur tempat kerja kamu
Hal seanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengatur tempat kerja dengan gaya yang membuat kamu nyaman serta semangat bekerja. Letakkan barang-barang yang kamu perlukan di tempat yang dekat dengan jangkauan. Atur tinggi kursi sehingga sesuai dengan tinggi kamu. Tambahkan foto keluarga di meja kerja jika itu memang dapat membuat kamu lebih bersemangat. Yang terpenting, semua hal tersebut dapat membuat kamu tambah nyaman.
14. Selalu terbuka jika mendapatkan pekerjaan baru
Tentunya dalam bekerja kita tidak hanya mengerjakan apa yang menjadi kewajiban kita. Namun juga seringkali mendapat pekerjaan lain dari senior atau atasan. Ingat, kamu jangan pernah mengeluh jika mendapatkannya. Karena ada sedikit banyak hasil positif yang akan kamu terima dengan melakukan pekerjaan tersebut. Contohnya: kamu akan mendapatkan kepercayaan dari senior atau atasan. Dengan begitu tempat kerja bukan lagi menjadi momok yang menakutkan untuk kamu.
15. Sebelum tidur renungkan apa yang kamu lakukan hari ini
Belajar sebelum tidur adalah kunci keberhasilan dalam menyesuaikan diri di tempat kerja baru. Renungkan apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini, seperti kamu sudah mengerjakan apa saja, mengingat nama-nama rekan kerja, atau sekedar memotivasi diri untuk selalu bersemangat di hari esok. Terapkan ke 15 tips diatas jika kamu ingin cepat beradaptasi di lingkungan kerja kamu yang baru ini.
makasih ada yng share lg ifo berkhasiat
This is this kind of a fantastic resource that you are offering and you give it away free of charge. I adore seeing internet sites that understand the worth of offering a top quality resource for free. It?s the outdated what goes about arrives about program.
Hello There. I found your weblog using msn. That is a very well written article. I will make sure to bookmark it and come back to read more of your helpful info. Thank you for the post. I’ll definitely return.
This is great, definitely will check it out, useful website, definitely will bookmark, thanks.
Thanks for giving this specific excellent subject matter on your web-site. I noticed it on the search engines. I may check to come back if you publish additional aricles.