Co-working Space murah berhasil menggeser bisnis kantor tradisional
Sejak beroperasi pada akhir tahun 2018 sebagai Serviced Office, Uptown Serviced Office mulai menjelajahi industri Co-working Space. Menurut General Manager Uptown, Poppy L. Suzan kehadiran Co-working Space di Indonesia perlahan berhasil menggeser bisnis penyewaan ruang ataupun gedung-gedung perkantoran tradisional. Bahkan saat ini terlihat banyak gedung-gedung perkantoran mulai menyulap ruangannya menjadi sebuah Co-working Space.
Fenomena ini sudah terjadi di beberapa gedung perkantoran yang ada di Jakarta, bahkan Co-working Space pun mulai masuk ke dalam mal dan hotel papan atas. Sesuai dengan karakter penggunanya, generasi millenials kini lebih menyukai gaya kerja yang santai, bebas, dengan ruang kerja yang tidak membosankan dan bisa berpindah pindah, serta bisa mempercepat perkembangan bisnis melalui aktivitas sharing ataupun diskusi yang hanya bisa didapatkan dalam sebuah Co-working Space. Alasan inilah yang kemudian membuat Co-working Space mulai menjamur di Indonesia.

Co-working space murah di Jakarta | Pic by Freepik
Penyedia Co-working Space Murah di Jakarta
Poppy L. Suzan yang awalnya memiliki background pendidikan di hospitality kini pun mulai memberanikan diri untuk membantu bisnis Co-working Space milik Salim Group. Lalu dibangunlah karakter Co-working Space dengan konsep kawasan Manhattan di kota New York, Amerika Serikat dengan kelebihan lokasinya yang berada di pusat bisnis Jakarta Selatan dan jauh dari karakter gedung perkantoran yang lekat dengan harga parkir per jam dan berbatas waktu.
Di dalam Uptown Serviced Office, wanita yang akrab dipanggil Poppy tersebut menawarkan berbagai produk seperti Private Office, Shared Office, Virtual Office, Event Space hingga Meeting Room yang dapat digunakan secara per-jam atau harian. Adapun yang menjadi target market Uptown Serviced Office yaitu para entrepreneur, perusahaan startup, freelancer profesional, ataupun komunitas.
Dengan memberi harga sewa yang variatif dan terjangkau, Co-working Space semakin terlihat mempermudah para startup maupun profesional dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya. Biasanya sebuah Co-working Space akan memberikan harga sewa mulai dari harga per jam, per bulan hingga per tahun.
Sebagaimana yang ditawarkan oleh Uptown Serviced Office bahwa harga sewa Co-working Space dimulai dari Rp 100 ribu per hari (daily plan) atau Rp 2 juta ribu per bulan (mounthly plan). Tentu merupakan harga yang jauh lebih murah dari harga sewa kantor yang belum termasuk biaya listrik, internet, office boy, security, dan lain sebagainya.

Co-working Space murah di Jakarta | Uptown Serviced Office
Baca juga: Perkembangan Co-Working Space dan Keuntungannya di Indonesia
Apakah benar lebih menguntungkan?
Konsep Co-working Space pada awalnya dibuat di Amerika untuk mengakomodir para individu yang berbeda latar belakang pekerjaan atau perusahaan. Dengan adanya konsep kerja yang baru ini, diharapkan antar individu yang bekerja di satu tempat ini bisa saling bertukar ide, pikiran, ataupun solusi dalam rangka mengembangkan bisnis masing-masing personel. Konsep Co-working Space yang ada di Jakarta sekarang pada umumnya dibuat dengan desain yang menarik, unik, cozy, kekinian, dan ditunjang dengan suasana kerja profesional yang bisa membangkitkan kreativitas. Hal ini dipilih agar pengguna bisa lebih santai dalam berinteraksi dengan yang lain dengan semangat yang positif.

Co-working space murah di Jakarta | Pic by Freepik
Co-working Space bagi pekerja lepas dan penggiat startup
Berbeda dengan Virtual Office yang lebih ditujukan pada perusahaan yang hanya menginginkan alamat prestigius, Co-working Space lebih berguna bagi para pekerja freelance atau para penggiat startup mandiri. Hal ini dikarenakan Co-working Space sering digunakan oleh para pekerja di industri kreatif dan masa sewanya bisa dilakukan secara harian atau bulanan. Selain itu, layanan ini juga didukung oleh beberapa fasilitas; seperti meja kerja, pantry, internet super cepat, hingga meeting room lengkap dengan peralatan multimedia. Selain memberikan ruang kerja, Co-working Space juga bisa memberikan suasana yang nyaman untuk brainstorming.

Co-working Space murah di Jakarta | Uptown Serviced Office
Keuntungan bekerja di Co-working Space
1. Harga sewa yang lebih terjangkau
Harga sewa yang lebih terjangkau merupakan keuntungan dan manfaat utama yang akan kamu dapatkan dengan bekerja di Co-working Space. Hal ini dikarenakan ruang kerja ini pada umumnya menggunakan prinsip economy sharing. Dengan begitu, harga sewa yang dipatok bisa jauh lebih murah daripada harga sewa kantor konvensional. Salah satu Co-working Space di Jakarta bahkan menawarkan paket seharga Rp 50 ribu per hari. Dengan biaya sewa kantor yang sangat murah, kamu pastinya dapat lebih menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana untuk keperluan lain yang lebih penting.
2. Menambah relasi baru
Keuntungan berikutnya yang di dapat di Co-working Space adalah bisa menambah relasi baru. Karena tempat kerja ini mengusung konsep ruang kerja yang dapat digunakan bersama-sama, maka kamu dapat lebih mudah untuk berinteraksi, berkolaborasi, menjalin relasi, bahkan bertukar pikiran dengan para penggiat startup lainnya. Tak hanya itu saja, acara-acara sharing yang umumnya diadakan Co-working Space setiap beberapa bulan sekali pastinya juga akan memungkinkan kamu untuk bertemu dengan para ahli bisnis, orang-orang yang telah suskes di dunia startup, hingga para investor.
3. Suasana kerja yang nyawan
Berbeda dengan kantor konvensional yang umumnya identik dengan suasana formal dan kaku, Co-working Space justru menawarkan suasana kerja yang nyaman, cozy, dan memiliki kesan homey. Bahkan, di beberapa working space Jakarta seperti Uptown Serviced Office, kamu juga bisa meluangkan waktu dengan bermain foosball, nonton tv, atau minum kopi saat suntuk dengan pekerjaan. Dengan suasana kerja yang menyenangkan seperti ini, kamu pasti dapat bekerja dengan pikiran yang lebih tenang dan relaks.
4. Lebih produktif
Di kantor konvensional, setiap orang akan fokus bekerja di dalam kubikalnya masing masing tanpa ada gangguan dari rekan kerja yang lain. Hal ini kelihatannya produktif namun pada kenyataannya, pengaturan ruang kerja yang dibuat bersekat-sekat ini seringkali malah membuat para pekerja lebih cepat bosan dan stres. Berbeda dengan hal tersebut, Co-working Space akan membuat setiap orang bekerja lebih produktif karena satu sama lain dapat saling membantu tanpa adanya batasan.. Jika kamu perlu bantuan malah bisa langsung bertanya ke rekan kerja di dalam satu ruangan yang lebih mengerti. Saling berdiskusi, memberikan saran, atau belajar bersama juga merupakan kegiatan yang sangat relevan dilakukan setiap hari di Co-working Space.

Co-working space murah di Jakarta | Pic by Freepik
Baca juga: Uptown Membuka Co-working Space di Mega Kuningan Jakarta
Kekurangan dari Co-working Space
Kekurangan paling utama yang bisa dirasakan saat bekerja di Co-working Space adalah distraksi pada daerah privasi. Jika Anda sedang butuh privasi ekstra, alih-alih duduk di meja besar bersama pekerja lain, coba sewa meja di sudut ruangan atau ruang tertutup. Jadi, pastikan ruang kerja bersama yang hendak Anda tuju memiliki fasilitas tersebut.
Selain itu, orang yang duduk di sebelah Anda pun bisa jadi seorang kompetitor dari bisnis startup Anda. Hal ini bukan mustahil mengingat Co-working Space adalah tempat berkumpul para penggiat startup, Agar mereka tidak mencuri hasil diskusi atau ide brilian Anda, menyewa ruang meeting tertutup bisa jadi opsi paling bijak untuk menghadapi hal ini.
Buat Anda dan tim yang terbiasa meeting kapan saja dan di mana saja harap-harap khawatir dengan jam kerja penyedia Co-working Space. Hal ini dikarenakan kebanyakan penyedia ruang kerja bersama ini mengikuti jam kantor atau paling malam sampai pukul 22.00. Bagi Anda yang menganut jam kerja fleksibel, membatasi jam kerja dengan mengikuti jam operasional Co-working Space mungkin dirasa tidak sesuai.
Terakhir, sekalipun desain ruang kerja bersama yang Anda sewa begitu keren, kekinian, dan nyaman, pasti ada keinginan untuk memberikan sentuhan personal pada area kerja Anda. Sayangnya, hal ini nyaris tidak mungkin terjadi jika Anda menggunakan Co-working Space. Anda hanya bisa memanfaatkan apa yang sudah ada, tanpa bisa memodifikasi desain ruangan lebih jauh.

Co-working space di Jakarta | Uptown Serviced Office
Siapa saja yang cocok menggunakan Co-working Space?
Co-working Space ditawarkan sebagai solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Layanan ruang kerja ini sering kali digunakan oleh individu, perusahaan, profesional, penggiat startup, komunitas, dan freelancer atau pekerja lepas. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari Co-working Space ini untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis.
Jika Anda sedang mencari penyedia Co-working Space bergengsi yang menempati lokasi strategis di Jakarta Selatan, maka Uptown Serviced Office adalah pilihan paling tepat. Berlokasi di Plaza Mutiara Lantai 8 Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung, Lingkar Mega Kuningan, tersedia beragam paket dengan dukungan fasilitas lengkap yang dapat Anda manfaatkan setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.30. Selain Co-working Space, Uptown Serviced Office juga menyediakan layanan Private Office, Shared Office, Virtual Office, Event Space dan Meeting Room.

Co-working space murah di Jakarta | Uptown Serviced Office
Uptown menyediakan Co-working Space di Jakarta
Jadi apakah kamu tertarik menggunakan Co-working Space? Semua kembali pada kebutuhan para pemilik bisnis dan jenis bisnis yang dijalankan. Dan jika kamu adalah pengusaha yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan Co-working Space, Uptown Serviced Office sebagai salah satu penyedia layanan Virtual Office, Co-working Space, dan Private Office di kawasan bisnis Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi kamu. Selain berlokasi yang strategis, Uptown Serviced Office juga memiliki pelayanan terbaik serta tim support professional yang siap membantu mengembangkan bisnis kamu.

Co-working Space di Jakarta. Uptown Serviced Office