Tarif sewa kantor di Jakarta
Tarif sewa kantor di area Central Business District (CBD) Jakarta pada akhir tahun 2018 turun tipis sebesar 0,9% dibanding satu semester sebelumnya. Secara rata-rata, harga sewa kantor di area CBD Jakarta turun ke angka Rp 213.000 per m2. Berdasarkan data dari Savills, konsultan Properti asal Australia yang berkantor di Indonesia, harga sewa gedung perkantoran terjadi pada seluruh grade, kecuali pada grade premium dan grade B. Walaupun tidak securam antara 2014 ke 2015, tapi harga sewa kantor di Jakarta masih melemah. Secara indeks, gedung kategori grade A ratenya turun dari Rp 231 ribu per m2 ke Rp 229 ribu per m2. Gedung premium dari Rp 196 ribu per m2 ke Rp 193 ribu per m2. Sementara harga sewa di grade C adalah Rp 200 ribu per m2, turun dari Rp 201 ribu per m2 pada tahun 2016 lalu.
Kepala Departemen Riset dan Konsultasi Savills Indonesia, Anton Sitorus mengatakan, kenaikan tingkat kekosongan tersebut lantaran adanya tambahan suplai dan berpindahnya sejumlah perusahaan ke gedung perkantoran area baru. Adapun ruang perkantoran grade premium menjadi yang paling yang paling banyak turun sementara ruang kantor di grade A, B dan C naik. “Pasokan sekarang berlimpah. Semester I total ada pasokan 270 ribu m2, di mana penyerapan ruang kantor tidak sampai 63 ribu m2 atau hanya sekitar 1/3. Itu membuat tingkat kekosongan naik ke 18,4% dari total pasokan yang masih kosong,” sebut Anton Sitorus.
Penurunan harga sewa kantor di Jakarta diproyeksi akan terus terjadi hingga tahun 2020 seiring dengan semakin banyaknya pasokan ruangan baru yang akan terus bertambah hingga menjadi 1,8 juta m2. Untuk pasokan yang direncanakan selesai sesuai dengan jadwal, hingga tahun 2020 dan tidak akan sampai 200 ribu m2. Wilayah Sudirman dan Kuningan akan menjadi yang paling banyak menambah jumlah suplai ruang perkantoran tersebut. Sedangkan sebanyak 57% suplai baru akan diisi oleh ruang perkantoran grade A, 40% grade premium dan 3% di grade B.
Lantas bagaimana cara sewa kantor yang tepat di Jakarta?
Jika Anda masih belum yakin tentang keinginan menyewa satu lantai gedung perkantoran, kami sarankan memilih shared office atau private office dari Uptown Serviced Office. Namun pastikan terlebih dahulu Anda memiliki pertimbangan yang pasti dalam memilih ruang kantor. Pertanyaaan-pertanyaan tersebut diantaranya:
- Berapa banyak calon pegawai Anda?
- Berapa luas ruang kantor yang Anda butuhkan?
- Seberapa sering Anda membutuhkan ruang kantor?
- Berapa lama Anda membutuhkan ruang kantor tersebut?
- Fasilitas apa saja yang akan Anda butuhkan?
- Berapa banyak Anggaran yang bisa dikeluarkan selama 1 tahun kedepan?
Memutuskan untuk pindah ke sewa kantor di Jakarta atau kota besar lainnya adalah sebuah masalah dan tantangan yang harus Anda putuskan. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan, apa saja yang Anda dan tim Anda butuhkan, bagaimana regulasinya, dan yang paling penting telaah terlebih dahulu opsi ruang kantor yang cocok bagi perusahaan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang harga sewa shared office dengan private office di Uptown, silahkan hubungi tim sales kami melalui nomor telepon di 021-5082 3400 atau hubungi alamat email welcome@uptown.id.
Thank you a bunch for sharing this with all people you really understand what you’re talking approximately! Bookmarked. Kindly also seek advice from my web site =). We can have a hyperlink exchange contract among us!
It’s actually a great and helpful piece of info. I’m glad that you simply shared this helpful info with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.
My brother recommended I might like this blog. He was entirely right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this information! Thanks!