Terkadang ada kalanya kamu merasa malas, bosan, dan mengantuk ketika sedang berada di kantor yang mengakibatkan kamu jadi tidak produktif dan tidak semangat bekerja di kantor. Ketika rasa malas dan bosan ini menghampiri, ada baiknya kamu meluangkan waktu sejenak untuk berhenti beraktivitas dan melakukan kegiatan lain. Beberapa kegiatan dibawah ini kiranya sangat efektif mengusir rasa bosan, bermanfaat, serta dapat dilakukan dengan tanpa meninggalkan tempat kerja atau bahkan tidak beranjak dari kursi.
1. Luangkan 15 menit untuk bersantai di area outdoor
Kalau kantor kamu punya taman terbuka yang kehijauan, sempat-sempatin deh untuk keluar sejenak. Ambil nafas segar dan menjernihkan pikiran sesaat. Terkadang, ketika kamu sudah menghirup udara segar, pasti muncul ide atau pemikiran baru. Jika kantormu tidak memiliki taman, cobalah keluar kantor sejenak untuk sekedar bersosialisasi dengan lingkungan. Terkadang, saat kamu berada di dalam kantor, kamu buta akan situasi di luar, bukan begitu? Maka dari itu, luangkan waktu sejenak untuk menghirup udara segar ya!
2. Baca berita
Membaca berita bisa kamu lakukan ketika kamu sudah mulai bosan dan jenuh dengan tugas atau pekerjaan yang kamu lakukan sehari-hari. Mengikuti perkembangan isu terbaru sampai membaca berita mengenai hasil pertandingan sepakbola semalam bisa jadi cara yang efektif untuk mengusir rasa bosan di kantor. Kegitan ini akan lebih mudah dan efektif jika kamu bisa mengakses semuanya dalam satu tempat. Jadi kami sarankan untuk mencari berita di media sosial yang kamu gemari, baik itu Twitter atau Instagram.
3. Buat agenda kerja
Jika kamu merasa bosan karena tak punya target dalam bekerja, berarti kamu hanya membuang waktu di kantor. Tulislah agenda kegiatan agar kamu tahu apa saja yang ingin dicapai dalam sebulan melalui pekerjaan di kantor setiap harinya. Kamu juga bisa menuliskan berbagai tahapan yang harus dilakukan untuk menuntaskan sejumlah pekerjaan.
4. Browsing
Internet merupakan gudang informasi, hiburan, dan inspirasi yang tidak terbatas jumlahnya. Apabila digunakan dengan bijak, browsing internet bisa jadi pelarian yang efektif ketika kamu bosan bekerja. Website seperti buzzfeed, 9gag, atau boredpanda punya konten-konten yang menarik dan menghibur yang bisa kamu baca. Tapi ingat, jangan sampai niat kamu untuk mengusir rasa bosan ini akhirnya malah membuat kamu sama sekali tidak bekerja di kantor.
5. Mengatur Desktop dan Folder di Laptop
Ketika kerjaan sedang menumpuk, biasanya kita tidak terlalu memikirkan di mana file-file pekerjaan kita disimpan di laptop. Tidak jarang kita mengunduh banyak file dan tidak memindahkan file tersebut dari folder Downloads. Tidak hanya itu, terkadang mungkin kamu menyimpan banyak file di desktop begitu saja. Gunakan kesempatan saat kamu merasa bosan di kantor ini untuk mengatur Dekstop dan Folder di laptop.
6. Dengarkan Podcast
Penat dengan rutinitas atau pekerjaan di kantor bisa kamu lakukan dengan belajar atau mencari ilmu. Kini, kamu bisa manfaatkan banyak podcast yang tersebar di berbagai macam platform secara gratis! Ingin menambah ilmu tentang pekerjaan atau info mengenai hobi, bisa kamu dapatkan di sini.
7. Mengecek pesan yang belum dibaca
Ketika banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan, sering kali kita mengabaikan pesan yang tidak kita anggap sebagai prioritas. Oleh karena itu, ketika rasa bosan di kantor mulai datang saatnya kamu untuk memanfaatkan momen ini. Coba periksa kembali pesan yang belum dibaca, baik e-mail maupun melalui aplikasi bertukar pesan di handphone kamu. Barang kali, ada pesan penting yang sempat terlewatkan kemarin.
8. Membahas topik hangat bersama rekan kerja
Punya rekan kerja yang akrab dalam satu kantor itu juga hal penting selama kamu bekerja. Luangkan waktu sebentar untuk membahas topik terhangat yang kini sedang booming, baik itu keadaan politik, hiburan, masalah percintaan, olahraga sampai teknologi. Jangan salah, kadang perbincangan sederhana macam ini dapat menambah pengetahuan yang sebelumnya belum kamu ketahui loh!
9. Main game
Bisa dibilang kalau main game merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengusir rasa bosan. Selain menyenangkan, ternyata menurut banyak penelitian, bermain game ternyata punya banyak manfaat yang positif bagi kamu. Ketika kamu kesulitan untuk konsentrasi atau jenuh di kantor, coba untuk luangkan waktu sebentar untuk mengalihkan konsentrasi kamu dengan main game baik di laptop atau di smartphone kamu. Tapi ingat, jangan sampai lupa waktu!
10. Membaca buku
Memanfaatkan waktu luang apalagi ketika bosan di kantor sangat baik untuk dimanfaatkan dengan kegiatan positif. Salah satunya dengan membaca buku. Selama ini kamu mungkin merasa tidak punya banyak waktu untuk membaca apalagi menghabiskan 1 buku. Kini, ketika kamu merasa bosan di kantor maka saatnya kamu mulai memilih buku yang dapat bermanfaat untuk kamu. Pilihlah buku yang memberikan kamu informasi dan pelajaran baru yang kiranya juga bermanfaat untuk karir.
11. Dengar musik
Pasti kamu punya satu atau dua lagu favorit, dong? Saat mulai bosan di kantor dengan pekerjaan yang itu-itu saja coba deh untuk memutar lagu kesukaan yang bisa bikin rasa bosan kamu hilang. Sambil mengerjakan setumpuk pekerjaan, lambat laun kamu akan kembali ceria karena terangsang oleh melodi lagu favorit kamu. Maka dari itu, penting banget buat kamu menyimpan satu headset di meja kantor!
12. Menulis ulang To-Do list
Dengan banyaknya tuntutan pekerjaan yang datang tiada henti, semakin banyak pula hal yang harus segera kamu selesaikan. Hal-hal inipun tidak selalu hanya berasal dari dunia kerja. Terkadang, kita cenderung mendahulukan pekerjaan yang berasal dari kantor untuk segera dikerjakan. Hal ini mengakibatkan kita lebih sering mengesampingkan kewajiban di aspek lainnya yang masih belum terselesaikan. Mungkin kita lupa kalau ada hal lain yang tak kalah pentingnya yang harus kita kerjakan di luar pekerjaan kantor. Coba tulis kembali to-do list yang kamu miliki dan selesaikan hal yang sempat tertunda.
13. Olahraga kecil
Seharian duduk di kantor dan berkutat dengan pekerjaan pasti bikin tubuh pegal dan jenuh. Nah, ada baiknya kamu melakukan olahraga kecil atau stretching untuk membunuh rasa bosanmu. Nggak perlu yang ribet, cukup lakukan gerakan ringan saja, misalnya menggerakkan kepala atau bahu. Kamu juga bisa melakukannya di ruang terbuka agar lebih leluasa. Dijamin badan kamu lebih segar deh!
14. Tidur yang cukup selama 20 menit
Sadar atau tidak, rasa tidak nyaman juga bisa muncul akibat beban kerja yang ditanggung terlalu berat, sehingga kamu merasa lelah. Jika sudah lelah, hasil kerja pun juga tidak lagi maksimal, dan rasa khawatir pun muncul karena besar kemungkinan atasan akan menegur kamu di saat yang bersamaan. Bekerja dalam kondisi lelah memang tidaklah bagus. Untuk itu, istirahatlah dengan cukup setiap harinya. Untuk bisa beristirahat dengan baik, maka tidurlah dalam jumlah yang cukup misalnya 20 menit. Jangan sampai kurang tidur atau tidak berkualitas, membuat kamu merasa kelelahan di sepanjang harinya.
15. Bekerja dari rumah
Hal terakhir yang mungkin bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan di kantor adalah mencoba bekerja dari rumah. Di era modern seperti sekarang, hal tersebut bisa saja terjadi loh apalagi sudah banyak perusahaan di kota-kota besar yang mulai memberikan izin kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah tentunya selain bisa memangkas waktu berkendaraan, tentunya dapat mengurangi tekanan bekerja dan memberikan fleksibilitas dalam berkarir.
If you could email me with a few hints on just how you made your website look this great, I would be thankful.