Co-working Space v Coffee Shop
Sedari awal ruang kerja bernama Co-working Space hadir di Jakarta, banyak orang ternyata menyukai konsep tersebut lantaran hadir sebagai ruang alternatif untuk mereka yang ingin bekerja dengan tenang. Fasilitas yang lengkap dan harga sewa yang tidak terlalu mahal pun membuat para pekerja milenial atau yang disebut digital nomads ini memilih untuk kembali bekerja di Co-working Space. Namun, keberadaan coffee shop atau cafe sebagai ruang kerja alternatif lainnya pun tidak bisa dihindari. Lantaran mereka juga menyediakan ruang yang nyaman dan WiFi yang cepat. Lantas ruang kerja mana yang lebih menguntungkan? Simak ulasannya dibawah ini.
Apa sih Co-working Space?
Secara garis besar, Co-working Space adalah ruang kerja bersama yang sifatnya transparan atau open space. Jadi akan terlihat meja kerja tanpa sekat dan orang-orang yang datang bisa dari berbagai kalangan. Yang seru, dari hal tersebut kamu bisa berinteraksi dengan banyak orang dan melakukan networking. Buat kamu para digital nomads yang suka berpindah-pindah tempat kerja, ruangan seperti ini sangat jelas cocok karena ada banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh pihak penyedia. Contoh simpelnya, kalian akan mendapatkan meja kerja, colokan listrik di berbagai sudut, koneksi WiFi yang super kencang, mesin printer, sampai snack dan minuman.
Co-working Space di Mega Kuningan, Jakarta Selatan
Di Jakarta saja, sekarang sudah mulai banyak penyedia Co-working Space. Uptown Serviced Office yang terletak di lantai 8, Plaza Mutiara, Jakarta Selatan pun menyediakan ruangan yang sama dengan harga yang terjangkau, tergantung budget dan kebutuhan. Bisa kamu sewa secara harian, bulanan dan bahkan tahunan. Menarik kan? Untuk kisaran harga sewa per hari atau menjadi member bulanan di Uptown Serviced Office, kamu bisa cek foto dibawah ini. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa hubungi melalui email welcome@uptown.id atau nomor telepon 021 5082 3401.
Fasilitas pendukung dan lengkap!
Di Uptown Serviced Office juga ada counter penjualan minuman (selain yang free flow) bernama 9196 Cafe. Disini kamu bisa memesan es kopi susu, espresso, red velveet latte, manual brew lokal, hingga aneka racikan teh seperti acai berry, rose vanilla, dan English breakfast. Kalau untuk makanan beratnya, tersedia kantin karyawan di lantai 19 dan basement. Lalu juga ada pilihan restaurant seperti The People’s Cafe, Loewy, Belly Bandit, Little India, Penang Bistro, dan lainnya yang berjarak kurang dari 500 meter dari gedung Plaza Mutiara.
Baca juga: Sewa Co-working Space Murah di Jakarta, Mulai Rp 50 ribuan!
Mau numpang kerja saja atau sewa kantor virtual? Bisa!
Sejatinya, ada 4 layanan yang ditawarkan oleh Uptown Serviced Office. Mulai dari Private Office, Shared Office, Virtual Office, serta Co-working Space. Bedanya adalah Private Office merupakan ruang kantor pribadi yang bentuknya telah disekat dan biasanya menjadi ruang alternatif favorit untuk para perusahaan startup. Ruangan ini bisa digunakan untuk small team yang berjumlah 2 orang hingga yang sedang yakni berjumlah 12-16 orang. Biaya sewa untuk jenis ruang kantor ini bisa dilakukan per bulan atau per tahun.
Shared Office
Jika Private Office yang berukuran kecil sudah habis, biasanya perusahaan startup akan mulai melirik ruangan yang namanya Shared Office. Meski harus berbagi dengan tenant lain, namun tempat kerja ini tetap nyaman ditempati. Hal tersebut dikarenakan meja kerja yang bersifat permanen dan perusahaan bisa mendapatkan alamat kantor yang legal secara hukum. Jadi di mata client, hal tersebut akan lebih meyakinkan saat kamu bernegosiasi pekerjaan.
Virtual Office
Buat yang masih betah bekerja dirumah namun butuh alamat kantor yang prestigius di Jakarta, kamu bisa memesan paket Virtual Office di Uptown Serviced Office. Harga sewa untuk penggunaan Virtual Office pun jauh lebih murah dibandingkan dengan Private Office dikarenakan kamu hanya menyewa ruangan kantor secara virtual saja (tidak ada fisiknya!). Meski begitu, penyewa layanan Virtual Office masih tetap bisa menggunakan meeting room dan event space jika hal tersebut memang dibutuhkan.
Co-working Space
Nah kalau yang satu ini sepertinya cocok banget untuk kamu yang suka bekerja diluar dan mencari tempat dengan layanan WiFi yang kencang. Hanya dengan biaya Rp 100 ribu per hari atau Rp 2 juta per bulan, kamu sudah bisa “numpang” bekerja disini selama seharian (mengikuti jam kerja si penyedia layanan) dan tentunya mendapatkan akses free WiFi dengan kecepatan yang maksimal. Selain itu juga, akses ke pantry area untuk free flow cemilan dan air minum.
Baca juga: Sewa Virtual Office Murah di Jakarta, Mulai dari Rp 13.000/hari
Juga tersedia Meeting Room dan Event Space
Selain 4 layanan tersebut, Uptown Serviced Office juga menyediakan Meeting Room dan Event Space. Jadi kamu dan client tidak harus keluar banyak biaya hanya untuk berbincang dengan client. Biaya sewa Meeting Room mulai dari Rp 150 ribu per jam untuk hari kerja dari Senin ke Jumat. Selain biayanya yang relatif terjangkau, lokasinya pun cukup strategis dan fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Ada akses internet yang super cepat, layar LCD, HDMI, papan tulis, air mineral, speaker, dan microphone.
Event Space
Harga sewa ruangan Event Space yang ada di Uptown Serviced Office juga relatif lebih murah dibandingkan dengan harga sewa venue di cafe atau restaurant (biasanya mewajibkan untuk mengambil paket makan atau minimum order sekaligus). Harga sewa event space disini dimulai dari Rp 1 juta per jam dan bisa menampung hingga 70 orang untuk konsep ruangan tanpa kursi (50 orang dengan konsep ruangan theater).
Kerja di Co-working Space v Coffee Shop
Realistisnya bekerja di Co-working Space ternyata lebih maksimal daripada bekerja di coffee shop. Di Co-working Space, kamu tidah perlu memesan kopi (dan cemilan) berkali-kali agar bisa dapat duduk berlama-lama. Kamu juga tidak perlu takut suarang bising dan ketawa kencang dari orang disebelah meja kamu. Lalu yang paling penting, kamu tidak perlu khawatir rebutan colokan listrik dengan orang disebelah kamu karena di Co-working Space tiap satu meja sudah pasti ada colokan listriknya. Buat kalian yang tertarik, silahkan hubungi Uptown Serviced Office melalui email welcome@uptown.id atau nomor telepon 021 5082 3401.
Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good. https://accounts.binance.com/cs/register?ref=PORL8W0Z